Caravan Gizi DANCOW 2011

Sep 21, 2011
 

Caravan Gizi DANCOW 2011

Pada tanggal 30 Januari 2011, Nestlé DANCOW meluncurkan serangkaian kegiatan pendidikan gizi dan pelatihan hidup sehat dibawah program “Caravan Gizi DANCOW 2011” dengan menampilkan senam masal “10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik" yang dilakukan oleh 10 ribu murid dari 200 Sekolah Dasar (SD) di Jakarta.

Bekerjasama dengan PDGMI (Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia) dan Kementerian Pendidikan Nasional RI sebagai mitra pelaksana program “Caravan Gizi DANCOW”, sejak 2008 Nestlé DANCOW telah memberikan pendidikan gizi dan memperkenalkan “10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik” sebagai pedoman praktis bagi para orangtua dan pekerja kesehatan dalam menilai status gizi anak-anak. Hingga kini program “Caravan Gizi DANCOW” telah menjangkau lebih dari 87 ribu para orangtua, 45 ribu pekerja kesehatan, dan 404 ribu murid dari 1.115 SD di 19 kota, juga membenahi sejumlah Kantin Sekolah Sehat. Pada tahun 2010, Caravan Gizi DANCOW telah memberikan pelatihan “10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik” kepada 1.200 Dokter Kecil Mahir Gizi dari 300 SD di 19 kota.

Tahun ini, program Caravan Gizi DANCOW 2011 akan diperluas ke 340 SD di 25 kota dari Pulau Sumatra hingga Papua, dan melatih 1.360 Dokter Kecil Mahir Gizi yang kemudian akan menyebar-luaskan pengetahuan mereka tentang gizi kepada 340 ribu teman sekolahnya. Caravan Gizi DANCOW juga pergi ke pasar tradisional untuk memberikan konsultasi gizi gratis bagi 8.000 orangtua di 80 pasar tradisional di 30 kota.

“Program DANCOW Caravan Gizi, yang telah berjalan sejak 2008, merupakan wujud nyata misi Nestlé Indonesia untuk ikut turut serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat, serta wujud komitmennya dalam menciptakan manfaat bersama ( Creating Shared Values ) melalui peningkatan dan dukungan terhadap kesehatan dan kualitas hidup keluarga Indonesia, yang sangat sesuai dengan misi perusahaan kami,” demikian Pritha, Category Marketing Manager Nestlé DANCOW.

Peluncuran program Caravan Gizi DANCOW 2011 ini diselenggarakan di Gelora Bung Karno – Senayan dan ditandai pelepasan tiga bus konsultasi gizi yang dilengkapi berbagai peralatan pendukung konsultasi dan edukasi gizi seperti poster dan paspor sehat.

"Nestlé DANCOW Instant Enriched, sebagai merek susu bubuk terkemuka di Indonesia berperan sentral mewujudkan misi Nestlé Indonesia untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Kami sangat bangga pada kenyataan bahwa misi kami sejalan dengan upaya Pemerintah Republik Indonesia dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat,” demikian Arshad Chaudhry, Presiden Direktur Nestlé Indonesia. “Caravan Gizi DANCOW 2011 dengan pendidikan gizinya akan turut membantu mewujudkan generasi muda Indonesia yang lebih sehat," tambahnya.

 

PDGMI: Status Gizi dan Kesehatan Anak Perlu Ditingkatkan

Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) menyatakan, “Data empirik menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan gizi melalui pendidikan gizi sejak dini kepada anak dan orangtua melalui program Caravan Gizi DANCOW telah turut meningkatkan kesehatan anak, sehingga PDGMI menyimpulkan bahwa pesan “10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik” cukup efektif dan berhasil dalam membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang gizi. Kami berharap kelanjutan dan perluasan program ini akan turut membantu Pemerintah RI mewujudkan target Indonesia Sehat,” demikian Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Si. dari PDGMI.

Sejalan dengan pernyataan PDGMI tersebut, target Caravan Gizi DANCOW tahun ini telah diperluas.

 

Tentang 10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik

Bekerjasama dengan PDGMI (Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia), Nestlé DANCOW meluncurkan 10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik berisi semua aspek pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada anak-anak usia 3 sampai 12 tahun. “10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik” dapat membantu para orangtua memantau pertumbuhan dan perkembangan anak-anak mereka.

 

10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik terdiri atas:

1.   Bertambah umur, bertambah berat, bertambah tinggi
2.   Postur tubuh tegap dan otot padat
3.   Rambut berkilau dan kuat
4.   Kulit dan kuku bersih dan tidak pucat
5.   Wajah ceria, mata bening dan bibir segar
6.   Gigi bersih dan gusi merah muda
7.   Nafsu makan baik dan buang air besar teratur
8.   Bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umur
9.   Penuh perhatian dan bereaksi aktif
10. Tidur nyenyak