Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Bagaimana Respon Nestlé Indonesia terhadap COVID-19?

Di tengah situasi seperti saat ini, misi kami untuk meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat menjadi sangat penting. Dimulai dari memastikan rantai pasokan, keberlangsungan produksi, hingga kehadirannya di rumah Anda, kami bekerja keras untuk selalu memastikan kebutuhan gizi keluarga dan hewan peliharaan Anda terpenuhi dalam kondisi sulit ini. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa produk makanan dan minuman serta pakan hewan kesayangan yang sangat dibutuhkan tersedia di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Orang-orang merupakan bagian paling penting dari bisnis kami. Oleh karenanya, kesehatan dan keamanan karyawan, mitra bisnis, dan komunitas tempat kami beroperasi adalah hal yang sangat penting bagi kami.

Kami percaya bahwa kami turut memiliki peranan penting di tengah krisis COVID-19 ini. Produk makanan dan minuman dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kami juga ingin menjalankan tanggung jawab kami untuk menghadirkan produk makanan dan minuman bernutrisi, khususnya kepada lapisan masyarakat paling rentan – anak-anak, orang tua, dan semua orang yang sedang berjuang melawan penyakit. Kami memiliki komitmen tinggi dan bekerja tanpa lelah untuk memastikan pasokan terus tersedia. Sementara kami bekerja keras untuk menjaga mereka tetap aman dan sehat.

Sejak awal krisis, bersama-sama dengan seluruh karyawan dan mitra, kami telah berupaya menggerakkan bantuan lokal ke masyarakat tempat kami beroperasi. Masih dengan semangat yang sama, kami juga bekerja sama dengan berbagai rekan pemangku kepentingan untuk memberi dukungan berkelanjutan kepada orang-orang yang membutuhkan di tengah pandemi COVID-19 ini. Di Indonesia, kami telah bergabung dalam aksi kolaboratif dengan institusi kesehatan, food banks, badan-badan pemerintah serta lembaga-lembaga sosial masyarakat terpercaya untuk mendonasikan Alat Pelindung Diri, produk makanan dan minuman serta dukungan lainnya.

Selama 154 tahun terakhir, Anda, konsumen, karyawan dan mitra bisnis telah mengandalkan kami dalam masa-masa sulit. Dan sekarang, kami berdiri bersama Anda untuk melawan tantangan global yang sangat besar ini dengan fleksibilitas, kekuatan, keberanian, dan hati yang peduli.

Apa yang Anda lakukan untuk membantu memberhentikan penyebaran virus Corona?

Orang-orang sangat penting bagi bisnis kami. Kami bekerja tanpa lelah untuk memastikan karyawan, rekan bisnis, dan komunitas di mana kami beroperasi, sehat dan aman selama penyebaran virus corona. Tindakan-tindakan yang telah kami lakukan diantaranya:

  • Meminta karyawan kami di seluruh dunia untuk tidak bepergian ke luar negeri untuk tujuan bisnis. Karyawan juga harus mengganti perjalanan domestik dengan alternatif lainnya yang memungkinkan. Pengaturan ini akan terus dalam peninjauan sejalan dengan perkembangan situasi.
  • Mengimbau karyawan kantor untuk bekerja dari rumah sebisa mungkin.
  • Menyarankan karyawan untuk meminimalkan risiko infeksi baik di tempat kerja dan di rumah.
  • Meminta semua karyawan yang mungkin mengalami gejala-gejala infeksi untuk memberi tahu atasannya, dan bekerja dari rumah selama periode 14 hari apabila memungkinkan.
  • Kami juga mengambil tindakan-tindakan pengamanan tambahan di pabrik-pabrik, kantor-kantor, dan pusat distribusi.
  • Bekerja sama dengan pemasok sepanjang mata rantai usaha, rekan distributor dan peritel untuk menerapkan tindakan pengendalian infeksi untuk memastikan keberlangsungan produksi dan pengiriman produk-produk.
  • Mendukung karyawan kami dengan memberikan cuti sakit bagi mereka yang terinfeksi COVID-19 dan tetap membayar upah per jam maupun gaji bulanan bagi karyawan yang terkena dampak penghentian sementara selama minimum dua belas minggu. Nestlé di tiap lokasi akan memutuskan periode waktu dua belas minggu yang sesuai dengan kondisi setempat.
 

Apa yang Anda lakukan untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan?

Kami berkomitmen untuk memainkan peranan penting dalam menanggapi pandemi global ini.

Kami telah memberikan upaya bantuan lokal pada komunitas-komunitas di mana kami beroperasi. Kami memberikan bantuan kepada gerakan donasi, institusi kesehatan, dan berbagai organisasi terdepan untuk melawan pandemi ini. Kami juga bekerja sama dengan para ahli untuk secara khusus mengembangkan nutrisi kesehatan dan protokol suplemen perawatan baru bagi COVID-19.

Khusus di Indonesia, Nestlé melalui program Nestlé Cares mengumumkan komitmennya dalam membantu Pemerintah Indonesia memerangi pandemi COVID-19 dengan mendistribusikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan produk makan dan minuman bernutrisi. Dalam program donasi ini, Nestlé bekerja sama dengan berbagai institusi pemerintah, organisasi non-profit, asosiasi kedokteran hingga perusahaan media.

Ke depannya, kami akan terus memperluas kerja sama dengan lebih banyak badan pemerintah, organisasi kesehatan, dan organisasi non-profit untuk menyalurkan APD dan produk makanan dan minuman bernutrisi kepada para tenaga kesehatan di garda terdepan dan masyarakat yang membutuhkan bantuan sebagai dukungan atas upaya pemerintah dalam menanggulangi bencana nasional yang diakibatkan oleh pandemi global COVID-19.

Apa yang Anda lakukan untuk memastikan seluruh produk tersedia di pasar?

  • Kami percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab menghadirkan produk makanan dan minuman bernutrisi, khususnya kepada lapisan masyarakat paling rentan – anak-anak, orang tua, dan semua orang yang sedang berjuang melawan penyakit.
  • Kami ingin kembali meyakinkan konsumen bahwa kami akan terus beroperasi dan menghadirkan produk kami untuk memenuhi kebutuhan global. Karyawan kami telah berkomitmen dan bekerja tanpa lelah untuk memastikan tersedianya pasokan.
 

Langkah-langkah apa saja yang Anda telah lakukan untuk menjaga karyawan Anda?

  • Kami bekerja keras untuk memastikan karyawan kami sehat dan aman. Kami telah menerapkan tindakan-tindakan keamanan tambahan di dalam pabrik kami, dengan berfokus terhadap seluruh petugas lapangan di pabrik Nestlé, laboratorium, dan pusat distribusi kami. Saat dibutuhkan, kami menyediakan makanan serta akomodasi gratis bagi karyawan kami untuk mengurangi risiko mereka untuk jatuh sakit.
  • Kami juga memberikan cuti sakit kepada karyawan kami jika tertular virus corona dan memberikan pinjaman kepada karyawan kami yang mengalami kesulitan keuangan. Bagi karyawan di lokasi yang mengalami penutupan sementara, kami tetap membayar upah per jam maupun gaji bulanan bagi karyawan selama minimum dua belas minggu. Nestlé di tiap lokasi akan memutuskan periode waktu dua belas minggu yang sesuai dengan kondisi setempat.