Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Menggunakan Sumber Daya Alam dengan Bijak untuk Pembangunan yang Berkesinambungan

Ketersediaan air bersih sangat penting dalam pembangunan berkesinambungan, upaya mengurangi kemiskinan, dan peningkatan kesehatan masyarakat. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, bantuan untuk mendapatkan ketersediaan air bersih untuk keperluan sehari-hari masih diperlukan. Oleh karena itu Nestlé bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam proyek yang membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih yang aman.

Kesesuaian visi antara Nestlé dan Palang Merah Indonesia (PMI) telah mendorong kami untuk bermitra dalam menyediakan sarana air bersih bagi penduduk Desa Telagaluhur, Kabupaten Serang, Banten. Program ini telah dimulai sejak bulan Agustus 2008.

Sebuah sumur, tangki penampungan dengan kapasitas 30.000 liter air lengkap dengan pipa penyalurannya, 5 unit sarana MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan 8 unit hidran umum dengan kapasitas 2.000 liter, merupakan wujud fisik dari pelaksanaannya.

Namun, yang lebih penting, adalah bagaimana masyarakat dapat secara aktif berpartisipasi membangun saranasarana ini dan juga pada akhirnya mampu mengelolanya bersama-sama.

Karena itu, selain membantu berdirinya sarana fisik, kami pun membina para sukarelawan dan beberapa anggota masyarakat untuk kelak bisa secara mandiri memanfaatkan sekaligus mengelola sarana-sarana yang berharga ini. Serangkaian pelatihan bagi warga mengenai manajemen air, kebersihan dan sanitasi lingkungan dilakukan untuk menciptakan agen-agen perubahan yang selanjutnya menjadi motor penggerak di Desa Telagaluhur. Kemitraan dengan PMI di Desa

Telagaluhur kami harapkan menghasilkan sebuah perubahan perilaku dalam kehidupan setiap anggota masyarakat dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Di tahun 2010, bekerja sama dengan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Yasmina, kami menjalankan program serupa di Desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Tangerang. Kami pun segera melakukan penjajakan program serupa di Jawa Timur dan Lampung agar semakin banyak masyarakat bisa mempunyai akses air bersih untuk kehidupan sehari-hari.