9 Tips Menghadapi Hari Pertama di Tempat Kerja

Bingung bagaimana cara memberikan kesan pertama yang baik di hari pertama bekerja di kantor baru? Percaya atau tidak, Anda bisa menikmati momen penting yang satu ini dengan santai, namun tetap menciptakan kesan yang baik untuk mengawali perjalanan karier Anda bersama perusahaan tersebut. Simak dan ikuti tips-tips berikut:

wawancara kerja

1. Tampil sesuai profesi dan kepribadian Anda

Merasa nyaman itu penting dan bisa memberikan Anda kepercayaan diri yang Anda butuhkan saat memasuki lingkungan baru. Tapi ingat, penampilan profesional Anda juga harus cocok dengan nilai-nilai perusahaan tempat Anda bekerja. Carilah titik keseimbangan antara kesan profesional dan menjadi diri sendiri.

2. Tiba lebih awal

Gunakan smartphone Anda untuk mencari tahu jarak dan waktu tempuh dari tempat tinggal Anda ke lokasi kantor baru. Cari tahu pilihan dan jadwal sarana transportasi umum yang harus Anda gunakan, atau di mana Anda bisa memarkir kendaraan pribadi. Percaya deh, Anda tidak mau menjadi ‘si alasan klasik yang terlambat karena macet’ di hari pertama kerja. Rencanakan ini dengan baik, dan Anda bisa menghindari satu masalah yang tidak perlu terjadi hari itu.

3. Percaya diri

Kantor baru, apalagi kantor pertama, sepertinya memang diciptakan untuk membuat Anda merasa gugup. Tapi coba Anda pikir kembali… Semua orang, bahkan para bos sekalipun, pernah berada di posisi ini. Anda tidak sendirian, dan Anda tidak diharapkan untuk langsung tahu segalanya. Jadi, tarik napas yang dalam, jadi diri sendiri dan tunjukkan ke semua orang kenapa perusahaan itu memilih Anda.

4. Ucapkan salam

Sebagai anggota baru di dalam tim, Anda akan diperkenalkan kepada rekan-rekan di kantor. Pastikan kontak mata, pasang senyum terbaik Anda, lalu ucapkan salam dengan ramah dan jelas. Ingat, saat berjabat tangan, lakukan dengan percaya diri namun jangan meremas terlalu keras, ya.

5. Bertanya, bertanya, dan bertanya

Hari pertama kerja adalah kesempatan terbaik di mana Anda bisa menanyakan apa pun yang belum Anda pahami terkait perusahaan tersebut. Jangan malu untuk bertanya, dan Anda akan dapat memahami semuanya dengan lebih cepat.

6. Ingat apa yang Anda katakan saat wawancara

Sebuah perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan Anda karena sebuah alasan. Jadi, buktikan kalau Anda memang sesuai dengan apa yang Anda katakan saat wawancara.

7. Update akun media sosial Anda

Begitu memulai hari pertama kerja, langsung update profil dan jabatan Anda di akun media sosial! Pastikan untuk juga mem-follow fanpage perusahaan baru tempat Anda bekerja, dan, setelah berkenalan, juga rekan-rekan baru Anda di LinkedIn. Dengan begini, Anda akan mulai membangun network profesional Anda di sana.

8. Ciptakan hubungan, atau bahkan persahabatan baik

Perlakukan rekan kerja Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan, dengan santun dan ramah. Ingat, hubungan profesional yang baik selalu berlandaskan rasa hormat dan kepercayaan berdasarkan kinerja. Walaupun mungkin awalnya Anda belum tahu banyak, Anda tetap bisa membantu dan menunjukkan etos kerja yang baik.

9. Dibawa asyik saja

Rencanakan dengan baik dan hari pertama kerja bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk langsung bisa melakukan semua, jadi tidak usah terlalu tegang memikirkan bagaimana Anda harus membuat takjub semua orang. Tunjukkan sikap postif, keinginan untuk belajar dan berkembang, dan yang paling penting, dibawa asyik saja.