Cara Membuat Curriculum Vitae yang Baik

tips membuat CV

Gunakan bahasa Inggris

Curriculum vitae (CV) merupakan salah satu alat untuk menunjukkan kemampuan Anda berbahasa asing. Gunakan bahasa Inggris saat membuat CV untuk melamar ke perusahan global seperti Nestlé.

Cantumkan data pribadi dan detail kontak Anda

Setelah menerima CV Anda, perusahaan akan perlu menghubungi Anda lebih lanjut. Jadi, jangan lupa mencantumkan nomor telepon dan pastikan alamat e-mail yang Anda berikan aktif, agar kami dapat menghubungi Anda dengan mudah.

Ceritakan prestasi Anda dan cantumkan buktinya

Prestasi dan pencapaian Anda dapat mencerminkan kualitas potensi yang Anda miliki. Apa pun prestasi yang pernah Anda raih, yang relevan dengan posisi yang Anda inginkan, rangkum dan cantumkan pada CV Anda. Akan lebih baik lagi bila Anda bisa mencantumkan bukti pendukung berupa dokumen atau link yang dapat kami akses.

Buat CV Anda jadi pusat perhatian

Saat mempublikasikan informasi lowongan kerja, perusahaan seperti Nestlé Indonesia bisa menerima puluhan bahkan ratusan pelamar. Coba buat CV Anda dengan desain yang lebih menarik dan pastikan informasi di dalamnya mudah dibaca. Jika CV Anda terlihat lebih menonjol daripada yang lain, Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk melanjutkan ke tahap wawancara.

Satu Halaman Saja

Anggap CV Anda sebagai alat perkenalan singkat kepada perusahaan. Pastikan Anda hanya menyampaikan informasi yang relevan secara singkat, padat, dan jelas dalam satu halaman saja. Tentunya dengan tampilan yang enak dilihat, ya!