Back to all stories
2 minutes read

Kemajuan teknologi memungkinkan manusia untuk mencukupi kebutuhan energi sehari-hari menggunakan sumber energi terbarukan atau sumber energi alternatif. Hal ini menjadi sangat penting mengingat jumlah penduduk di bumi terus bertambah, sementara sumber daya alam semakin menipis.

Dalam upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, Nestlé menjalin kerja sama dengan para mitra dan pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan dampak yang bisa dihasilkan.

Salah satu inisiatif yang telah dilakukan adalah Program BIRU, yang merupakan program bantuan bagi para peternak sapi perah untuk dapat mengubah limbah kotoran sapi menjadi sumber energi menggunakan unit biogas. Unit biogas mengolah kotoran sapi menjadi gas metana yang dapat digunakan untuk memasak dan penerangan di rumah.

biogas olah limbah jadi berkah

Sebelum mengenal teknologi biogas, keluarga peternak sapi perah menggunakan kayu bakar, membeli gas atau minyak tanah untuk keperluan memasak dan penerangan di rumah mereka. Namun, penggunaan kayu bakar menimbulkan asap yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan, sementara harga gas atau minyak tanah relatif mahal.

Sebagai sumber energi terbarukan, biogas telah memberikan banyak manfaat bagi komunitas peternak sapi perah. Dengan kandungan gas metana yang bisa terbakar sempurna, biogas tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga membantu meningkatkan kesehatan keluarga peternak. Limbah kotoran sapi kini tidak lagi dibuang ke tanah atau sungai, karena digunakan kembali untuk diolah menjadi energi. Lingkungan rumah keluarga peternak dan kandang sapi pun menjadi lebih bersih. Penggunaan sumber energi biogas juga terbukti telah membantu mengurangi gangguan kesehatan terkait asap pada keluarga peternak yang biasanya timbul akibat penggunaan kayu bakar, termasuk iritasi dan infeksi mata, kesulitan bernapas dan batuk.

Unit biogas juga memungkinkan para peternak untuk menghemat biaya sehari-hari, karena mereka tidak perlu lagi membeli gas atau minyak tanah. Selain itu, penggunaan kayu bakar dari pepohonan di ladang dan penebangan pohon dari hutan negara juga berkurang secara signifikan.

Program BIRU telah dilaksanakan sejak 2010 di Jawa Timur, yang merupakan sentra pemasok susu segar bagi pabrik Nestlé di Kejayan. Hingga saat ini, ribuan peternak sapi perah telah mendapatkan bimbingan dan bantuan finansial untuk membangun unit biogas di rumah mereka, dan lebih dari 7.500 unit biogas telah dibangun.