Merayakan Hari Air Sedunia

Mar 22, 2016

‘Good Food, Good Life’ merupakan komitmen kami bagi miliaran konsumen kami di seluruh dunia.

Untuk dapat memenuhi komitmen tersebut, kami harus memastikan bahwa produk-produk dan pelayanan kami berkualitas dan aman.

Kami juga memahami bahwa kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa kami menggunakan sumber daya air dengan efisien.

Berdasarkan 2030 Water Resources Group, kebutuhan air untuk penggunaan industri, pertanian dan komunitas secara global diperkirakan akan melebihi persediaan yang ada sebanyak 40% pada 2030.

Sebagai perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia, kami memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi yang signifikan untuk membantu mengatasi masalah ini, tidak hanya di pabrik-pabrik kami tapi juga di sepanjang rantai pasokan dan berbagai tempat kami beroperasi.

Setiap inovasi merupakan sebuah langkah untuk mencapai sebuah masa depan yang berkelanjutan bagi bisnis kami dan bagi para komunitas di sekitar tempat kami beroperasi, sebuah konsep yang kami sebut dengan Creating Shared Value.

Kami memahami bahwa sudah menjadi tugas kami untuk turut menjaga keberlanjutan sumber daya air. Berikut ini adalah sepuluh hal yang kami lakukan:

1. Mengolah atau menggunakan kembali air dari proses produksi

Air limbah di salah satu pabrik kami di Vietnam disaring dan digunakan kembali. Kami mengolah 7,7 juta meter kubik air di seluruh lokasi produksi kami sepanjang 2015, atau sama dengan 5,5% total penggunaan air kami.



2. Mengurangi jumlah air yang kami gunakan per ton produksi

Saat ini, air yang kami gunakan per ton produksi sudah berkurang sebanyak 41% dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu. Melalui 362 proyek untuk penghematan air di pabrik-pabrik kami, penggunaan air diharapkan dapat terus berkurang hingga 1,7 juta meter kubik per tahun.




3. Mengaplikasikan metode-metode dan teknologi baru

Di Vietnam, kami memberikan pelatihan bagi para petani kopi untuk menggunakan metode pengairan berteknologi sederhana untuk mengelola dan memonitor air yang mereka gunakan untuk mengairi perkebunan kopi mereka. Kami juga bekerja sama dengan para ilmuwan lokal untuk merancang sebuah sistem prakiraan cuaca jangka pendek yang dapat memperbarui prakiraan cuaca setiap enam jam.



4. Menggunakan teknologi baru untuk mendinginkan pabrik-pabrik kami

Kami menggunakan sebuah sistem dry cooling (pendinginan kering) baru di pabrik susu kami di Azores, yang berarti kami tidak perlu lagi menggunakan air laut dalam jumlah yang besar untuk mendinginkan peralatan kami dalam proses pembuatan susu bubuk. Tahun lalu, penghematan air dari penggunaan teknologi ini mencapai volume yang sama dengan lebih dari 240 kolam renang ukuran Olimpiade.




5. Bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan pengawasan penggunaan air

Salah satu pabrik kami di Karnataka, India bekerja sama dengan pemerintah dan petani lokal dalam proyek percontohan bagi para petani beras dan tebu, untuk membantu mereka menerapkan teknik-teknik pertanian yang lebih efisien terkait penggunaan air. Gerakan bersama dengan komunitas dapat membantu menggalakkan upaya penggunaan air secara berkelanjutan dalam jangka panjang.



6. Membangun pabrik ‘zero water’ di California

Kami mentransformasikan pabrik kami di Modesto, California untuk dapat menggunakan dan mendaur ulang seluruh air hasil ekstraksi dari susu yang kami produksi. Pada akhir 2016, kami memperkirakan dapat menghemat sebanyak 98.000 meter kubik air per tahun.



7. Membantu para peternak sapi perah untuk menyimpan cadangan air

Di Panama, kami membantu pembuatan tempat-tempat penampungan mata air di lingkungan peternakan sapi perah. Hasilnya, para peternak dapat menjaga kondisi kesehatan sapi-sapi ketika musim kemarau panjang tiba. Selain itu, susu yang dihasilkan pun meningkat hingga 10%.




8. Menyediakan akses air bersih dan sanitasi

Hampir 230.000 masyarakat di daerah penghasil cokelat di Pantai Gading kini telah memiliki akses yang lebih baik terhadap air bersih, sanitasi dan kebersihan. Hal ini merupakan hasil kerja sama Nestlé dengan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC). Kami telah bekerja sama dengan IFRC sejak 2002, dan pada 2014 kami telah memperbarui kemitraan ini untuk lima tahun berikutnya.



9. Meningkatkan akses akan air bersih dan sanitasi

Nestlé Pakistan telah membuat tujuh fasilitas air minum di sekitar pabrik-pabriknya. Dalam skala global, sebagai bagian dari penandatanganan kesepakatan WASH, kami telah memastikan seluruh karyawan Nestlé memiliki akses terhadap air bersih, sanitasi dan kebersihan yang sesuai dengan standar di tempat kerja.



10. Memberikan pemahaman kepada generasi berikutnya

Di Argentina, melalui produk air dalam kemasan kami Eco de los Andes, Nestlé berupaya meningkatkan kesadaran akan pelestarian air di sekolah-sekolah melalui program Green Ribbon. Sepanjang tahun, karyawan Nestlé Waters secara sukarela mengunjungi sekolah-sekolah untuk membantu para guru mendapatkan pemahaman mengenai keberlanjutan lingkungan.




Informasi lebih lanjut mengenai contoh-contoh di atas dapat dilihat pada Nestlé in society: Creating Shared Value and meeting our commitments report 2015.