Nestlé meluncurkan Maternity Protection Policy bagi karyawannya di seluruh dunia

Jul 1, 2015

Nestlé meluncurkan Maternity Protection Policy yang berlaku secara global bagi para karyawannya di seluruh dunia. Kebijakan ini akan menjadi salah satu inisiatif paling progresif di antara program sejenis lainnya di industri ini.

Kebijakan yang disusun berdasarkan ILO Maternity Protection Convention ini menguraikan standar minimum yang harus sudah diimplementasikan di semua lokasi kerja Nestlé di seluruh dunia paling lambat 2018.

Kebijakan ini mencakup antara lain hak karyawan untuk mengambil cuti melahirkan selama minimum 14 minggu dan hak untuk memperpanjang cuti tersebut hingga enam bulan dan tetap menerima gaji. Hak ini tidak hanya diberikan bagi para ibu, tapi juga bagi semua orang yang bertindak sebagai wali asuh utama bayi yang baru lahir, termasuk karyawan pria dan orang tua angkat.

Selain itu, kebijakan ini juga mencakup perlindungan ketenagakerjaan, pengaturan kondisi kerja yang fleksibel dan jaminan keleluasaan untuk menggunakan ruang ASI selama jam kerja di kantor pusat dan di semua lokasi kerja yang mempekerjakan lebih dari 50 karyawan. Saat ini, Nestlé memiliki lebih dari 190 ruang ASI di berbagai lokasi kerja di seluruh dunia.

Saat ini, di Nestlé Indonesia sendiri, karyawan wanita yang melahirkan berhak untuk mengambil cuti selama tiga bulan, yang kemudian dapat diperpanjang hingga enam bulan dan tetap menerima gaji. Selain itu, karyawan wanita yang mengalami keguguran berhak untuk mengambil cuti selama 1,5 bulan dan tetap menerima gaji.

Peter Vogt, Deputy Executive Vice President dan Chief Human Resources Officer Nestlé S.A. mengatakan, “Kebijakan ini akan membantu kami dalam memberi dukungan yang lebih baik lagi bagi para ibu dan keluarga mereka di tempat-tempat kami beroperasi di seluruh dunia serta menegaskan dukungan kami terhadap pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi.”

Saksikan video wawancara Paul Bulcke dengan majalah Fortune, yang membahas tentang kebijakan baru Maternity Protection Policy (pdf, 1MB) ini, dan baca lebih lanjut tentang komitmen Nestlé untuk meningkatkan kesetaraan gender di lingkungan kerja.