MILO Football Championship 2015

To Press Releases listJakarta,Feb 4, 2015

Pencarian Bakat Pesepakbola Muda Indonesia untuk Pelajar Sekolah Dasar

Sebagai bentuk dukungan bagi perkembangan olahraga di Indonesia, tahun ini Nestlé MILO menghadirkan program MILO Football Championship, satu-satunya kompetisi sepak bola tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ada di Indonesia saat ini. Program ini merupakan wujud keberlanjutan komitmen Nestlé MILO di dunia olahraga, setelah sebelumnya juga aktif memberikan dukungan melalui cabang bulu tangkis dan lari jalan raya.

Pada hari ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia Rashid Qureshi secara resmi membuka kompetisi sepak bola yang akan dilaksanakan di tiga kota di Indonesia yaitu Jakarta 7-8 Februari, Medan 21-22 Februari dan Makassar 28-29 Maret. Mereka didampingi oleh Business Executive Manager Beverages Nestlé Indonesia Prawitya Soemadijo dan Kapten Kesebelasan Tim Nasional Firman Utina yang ditunjuk sebagai Duta MILO Football Championship.

“Nestlé MILO hadir di Indonesia sejak tahun 1974 dan telah memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia olahraga di Indonesia. Melalui program-programnya, Nestlé MILO telah mengunjungi 25 kota di 16 provinsi dan melibatkan lebih dari 28.500 siswa sekolah. Kini melalui MILO Football Championship, kami berharap dapat membantu pemerintah melahirkan bibit-bibit baru pesepakbola melalui sekolah,” ujar Rashid Qureshi.

MILO Football Championship akan diikuti oleh lebih dari 1.300 peserta yang berasal dari 32 sekolah di masing-masing kota. Sesuai dengan peraturan Federasi Sepak Bola Internasional mengenai peraturan pertandingan untuk anak usia sekolah, maka 32 sekolah tersebut akan bermain dengan sistem setengah kompetisi, di mana setiap tim hanya akan bertanding melawan tim lainnya satu kali untuk menentukan siapa yang lolos ke babak selanjutnya. Selama pertandingan berlangsung, Firman Utina, Nestlé MILO dan pelatih Tim Nasional U14 Zainal Abidin akan melakukan talent scouting untuk memilih pemain terbaik di masing-masing posisi. Pemain-pemain yang terpilih akan mewakili kotanya untuk mendapatkan pelatihan eksklusif selama 14 hari di MILO Camp di Jakarta.

Prawitya Soemadijo mengatakan, “Selama ini biasanya kompetisi sepak bola diselenggarakan hanya untuk Sekolah Sepak Bola (SSB) atau antar klub. Kini kami ingin memberikan kesempatan bagi anak usia sekolah lainnya untuk ikut berkompetisi. Usia sekolah merupakan awal di mana anak mulai belajar dan mengenal olahraga, dan kami berharap dapat menumbuhkan kecintaan mereka terhadap olahraga sehingga mereka dapat belajar nilai-nilai penting kehidupan seperti prinsip pantang menyerah, sportivitas, kepercayaan diri dan kerjasama tim.”

Sementara itu, Firman Utina, atlet yang pernah menjadi pemain terbaik pada saat Indonesia melawan Bahrain di Piala Asia 2007, mengatakan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan baginya menjadi bagian dari sebuah kompetisi sepak bola yang diperuntukkan bagi anak usia sekolah yang bukan berasal dari Sekolah Sepak Bola. “Saya dan Nestlé MILO memiliki semangat yang sama untuk mendukung perkembangan olahraga khususnya sepak bola di Indonesia. Saya senang karena di tengah maraknya persepakbolaan Indonesia, Nestlé MILO hadir sebagai satu-satunya pihak swasta yang menyelenggarakan kompetisi sepak bola antar Sekolah Dasar saat ini. Saya tidak sabar untuk melihat secara langsung bibit-bibit muda bertanding dengan semangat untuk menjadi juara sejati di lapangan. Berdasarkan pengalaman yang saya dapat, olahraga dapat mengajarkan banyak hal, bukan hanya bagaimana menjadi seorang juara tetapi menjadi seseorang dengan mental juara.”

Sebagai rangkaian dari program ini, Nestlé MILO juga bekerjasama dengan cabang Hypermart di ketiga kota dalam menyediakan booth permainan sepak bola bagi para pengunjung.

Sebagai penutup, Prawitya Soemadijo mengatakan, “Selain kegiatan olahraga, mulai tahun ini Nestlé MILO turut mendukung program pemerintah dalam kampanye sarapan sehat melalui “Biasakan Sarapan”. Kami ingin memberikan edukasi kepada para ibu di Indonesia mengenai pentingnya sarapan, yang merupakan sumber energi bagi anak untuk memulai berbagai aktivitas sepanjang hari seperti belajar, bermain dan berolahraga.”



Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nur Shilla Christianto
Head of Corporate Communication
PT Nestlé Indonesia
email: nestle.indonesia@id.nestle.com