NESCAFÉ Musik Asik is back!

To Press Releases listJakarta,Des 14, 2014

Wadah Ekspresi dan Asah Talenta Musisi Muda Berbakat di Era Musik Digital

NESCAFÉ Musik Asik is back! Setelah J-rocks berhasil menjadi pemenang NESCAFÉ Musik Asik Get Started pada tahun 2004, kick-off NESCAFÉ Musik Asik 2015 ditandai dengan persembahan mini-konser bersama band Marvells, Flim dan Yoiki yang dihadiri ratusan penonton di Taman Tebet, Jakarta hari ini.

“NESCAFÉ, sebagai produk yang dekat dengan anak muda, kembali menghidupkan NESCAFÉ Musik Asik dengan konsep yang berbeda. Mengikuti perkembangan zaman, NESCAFÉ Musik Asik hadir kembali sebagai wadah bagi pecinta musik dan musisi muda berbakat untuk mengekspresikan bakatnya di era digital. Mengusung tagline ‘It All Starts with a NESCAFÉ’, kami ingin menginspirasi anak muda Indonesia untuk berani berekspresi dan meraih kesempatan yang tidak terbatas,” ujar Business Executive Manager Coffee Business Unit PT Nestlé Indonesia Indrasena Patmawidjaja.

Selama tahun 2014, NESCAFÉ Musik Asik bekerja sama dengan label musik Outlaw Music Production melakukan beberapa kegiatan, salah satunya NESCAFÉ Musik Clinic, di mana musisi-musisi muda ikut dalam video competition berkonsep video selfie, yang kemudian materinya diunggah di media sosial. Pemenang mendapatkan coaching clinic mengenai keterampilan dan pengetahuan untuk berkarir di industri musik dari empat musisi ternama yaitu Aldo Sianturi (Pakar Musik Digital di Indonesia), Jawa (basis Maliq & D’Essentials), Eki Puradiredja (vokalis Humania serta produser beberapa musisi papan atas) dan band THE RAIN.

Selain melalui media digital, pada bulan September-Oktober lalu, NESCAFÉ Musik Asik menggandeng grup band Marvells, Flim dan Yoiki mengadakan road show di lima kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogya, Malang dan Surabaya. Panggung NESCAFÉ Musik Asik ini menyuguhkan konsep yang berbeda yaitu open stage, di mana para penonton dapat lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan artis tanpa batasan barikade. Sang artis tidak segan untuk mengajak penonton secara beramai-ramai untuk naik ke atas panggung untuk bernyanyi serta selfie bersama. NESCAFÉ juga memberikan kesempatan kepada musisi muda lokal untuk turut berekspresi di panggung NESCAFÉ Musik Asik.

“Outlaw Music Production dan NESCAFÉ mempunyai visi yang sama, yaitu membantu talenta muda Indonesia untuk berbagi karya agar bisa didengar oleh orang lain dan menjadikan musik sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Mencari musisi muda berbakat tidak harus melalui audisi langsung dari kota ke kota, hal tersebut bisa dilakukan secara digital, untuk itulah kami bersama NESCAFÉ Musik Asik memberikan wadah bagi para musisi pemula untuk menyalurkan bakatnya,” ujar Husain Haykal dari Outlaw Music Production.

NESCAFÉ Musik Asik 2015 Goes Digital

Di era digital saat ini, industri musik Indonesia mengalami pergeseran dalam hal distribusi dan konsumsi musik. Para musisi tidak lagi mengandalkan CD atau album fisik untuk memasarkan musiknya, tapi melalui media digital atau media sosial dan musik pertunjukan. Internet memberikan peluang baru dan kemudahan bagi para musisi dan penikmat musik. Musisi muda dapat dengan mudah berekspresi melalui media digital namun mereka tetap memiliki arahan untuk berkarir di dunia musik.

Hisma Pratanti, Brand Manager NESCAFÉ mengatakan, “Tahun 2015 NESCAFÉ Musik Asik akan menjadi wadah yang terintegrasi bagi pecinta musik dan musisi muda untuk mengembangkan talenta musiknya melalui media digital. Salah satu inovasi yang kami lakukan adalah memperkenalkan aplikasi digital sebagai sarana atau media bagi musisi pemula maupun profesional untuk berekspresi dan membuka jalan ke industri musik. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh para penikmat musik untuk menikmati dan mengetahui informasi yang berkaitan dengan musik serta talent scouting.”

“Kami akan terus berkontribusi untuk perkembangan industri musik Indonesia. Fokus kami adalah menjadi produk yang dekat dengan anak muda, musik dan memberikan inspirasi untuk talenta muda,” tambah Hisma.

Sementara itu, pengamat musik Denny Sakrie mengatakan, “Sekarang masyarakat dengan mudah mengakses musik melalui berbagai aplikasi seperti iTunes, YouTube, Guvera, Melon, Sound Cloud dan masih banyak lagi. Untuk itu, para musisi, label musik maupun pihak swasta dituntut untuk lebih kreatif dalam memproduksi content digital. Kehadiran kembali NESCAFÉ Musik Asik yang merambah dunia digital semakin memudahkan para musisi pemula untuk berekspresi dan berkreativitas, karena kreativitaslah yang menentukan kesuksesan.”

Awal Mula NESCAFÉ Musik Asik

Pada tahun 2002, NESCAFÉ Musik Asik lahir sebagai salah satu program talent search pertama di Indonesia untuk mendukung anak muda Indonesia berekspresi melalui Festival Band NESCAFÉ Musik Asik. Program ini telah melahirkan beberapa musisi berbakat, salah satunya J-Rocks.

J-Rocks menjadi juara festival musik NESCAFÉ Musik Asik Get Started 2004. Masing-masing personel meraih best vocalist, best guitarist, best bassist dan best drummer. Mereka berkesempatan membuat album kompilasi NESCAFÉ Get Started. J-Rocks membawa warna baru dalam industri musik Indonesia dengan lagu-lagu beraliran Japanese Rock.

Selain itu, NESCAFÉ menjadi sponsor konser-konser musik besar dan bekerja sama dengan Aquarius dalam membuat beberapa album kompilasi, baik band indie maupun musisi ternama.



Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nur Shilla Christianto
Head of Corporate Communication
PT Nestlé Indonesia
email: nestle.indonesia@id.nestle.com