Nestlé kembali tegaskan CSV sebagai pendekatan integral bagi pelaku usaha

To Press Releases listJakarta,Feb 25, 2015

Nestlé kembali tegaskan Creating Shared Value sebagai pendekatan integral bagi pelaku usaha melalui perolehan Sustainable Business Awards selama tiga tahun berturut-turut

Nestlé Creating Shared Value (CSV) atau Menciptakan Manfaat Bersama kembali mengemuka di tengah wacana seputar dunia bisnis seiring dengan diraihnya penghargaan tahunan Sustainable Business Awards (SBA) oleh Nestlé selama tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan SBA yang bergengsi ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai telah menjadi yang terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan dan telah berhasil menggabungkan prinsip tersebut ke dalam strategi jangka panjang bisnis mereka, ujar CEO Global Initiatives Tony Gourlay. SBA, yang diselenggarakan di enam negara, memastikan para pemenangnya telah berhasil menunjukkan signifikansi dampak sosial dan lingkungan dari bisnis mereka, serta mengelola dampak tersebut secara sistematis.

Dalam SBA Indonesia tahun ini, Nestlé Indonesia dinobatkan sebagai Industry Champion – Food & Beverage dan Category Winner – Supply Chain Management.

“Adalah komitmen pada CSV yang mengantarkan kami meraih SBA untuk ketiga kalinya. Konsep CSV memungkinkan perusahaan untuk menciptakan manfaat bagi masyarakat melalui tindakan yang turut membantu menghadapi masalah-masalah sosial dan lingkungan,” kata Presiden Direktur Nestlé Indonesia Rashid Qureshi dalam acara penyerahan penghargaan SBA di Jakarta (25/2).

“Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya, mendorong pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta meraih keuntungan perusahaan merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Pemahaman ini yang kami harap dapat dimengerti oleh para pelaku bisnis, hingga pada tahap di mana mereka dapat turut menjalankan konsep CSV dalam operasional bisnisnya,” tambahnya.

Perusahaan-perusahan yang baru mulai mengintegrasikan konsep penciptaan manfaat bersama bagi masyarakat dalam strategi bisnis mereka kerap mempertanyakan bagaimana cara mengatasi tantangan-tantangan tersebut sambil tetap memastikan bahwa perusahaan dapat meraih hasil yang menguntungkan.

Di Nestlé, praktik tersebut berakar pada pemahaman bahwa bisnis hanya dapat meraih sukses jangka panjang apabila masyarakat juga ikut menerima manfaatnya. Berangkat dari pemahaman tersebut, Nestlé kemudian mencari peluang untuk menghubungkan kegiatan-kegiatan di sepanjang mata rantai usahanya dengan tindakan-tindakan yang dapat membantu mengatasi isu sosial dan lingkungan.

“Selama lebih dari 30 tahun, Nestlé Indonesia telah menyediakan bantuan teknis dan finansial untuk para peternak susu, petani kopi dan cokelat agar mereka dapat menjalankan praktik pertanian yang berkelanjutan,” ujar Rashid Qureshi. “Inisiatif ini dapat menjamin pasokan bahan baku yang kami butuhkan namun tetap dengan cara yang dapat meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Pada saat yang sama, inisiatif tersebut juga meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil produksi para petani, menjaga keberlangsungan sumber pendapatan petani dan peternak serta meningkatkan kesejahteraan mereka.”

Hasilnya, para petani dan peternak dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produknya, serta mengolah sumber daya dengan cara yang dapat meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Kerja sama antara Nestlé Indonesia dengan para peternak susu di Kejayan, Jawa Timur adalah sebuah kisah sukses. Sampai saat ini, sekitar 33.000 peternak mendapatkan bantuan teknis dan finansial dari Nestlé Indonesia.

Bantuan teknis yang diberikan meliputi pelatihan cara beternak yang baik seperti inovasi dalam pemberian pangan ternak, pemeliharaan kebersihan, penggunaan biogas serta pengelolaan limbah ternak untuk diubah menjadi pupuk.

“Kami berharap perolehan SBA untuk ketiga kalinya ini dapat menunjukkan bagaimana lingkungan, masyarakat, ekonomi dan kinerja bisnis yang sehat dapat saling memperkuat satu sama lain dalam jangka panjang,” tutup Rashid Qureshi.



Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nur Shilla Christianto
Head of Corporate Communication
PT Nestlé Indonesia
email: nestle.indonesia@id.nestle.com