Nestlé Indonesia Berbagi PESAN Untuk Kampanye Sarapan Sehat Anak Indonesia

To Press Releases listJakarta,Feb 13, 2015

Dalam rangka menyambut Pekan Sarapan Nasional (PESAN) tanggal 14-20 Februari, Nestlé Indonesia melalui produk-produknya Nestlé KOKO KRUNCH, DANCOW Fortigro dan MILO mengajak masyarakat Indonesia berpartisipasi dalam kampanye sarapan sehat untuk anak Indonesia melalui microsite “Berbagi PESAN” yang hari ini disosialisasikan di gerai ritel Carrefour Lebak Bulus, Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya edukasi tentang pentingnya sarapan sehat dan membangun kebiasaan sarapan sehat setiap hari.

Sereal Sarapan Nestlé telah berpartisipasi dalam PESAN sejak tahun 2013. “Setelah pada PESAN 2014 lalu kami meluncurkan komik edukasi sarapan sehat, tahun ini kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk turut berkontribusi dalam kampanye sarapan sehat dengan meluncurkan microsite “Berbagi PESAN”. Kami bertekad untuk mendonasikan lebih dari 10.000 porsi sarapan sehat bagi anak-anak Indonesia, yang akan disalurkan melalui yayasan Taman Bacaan Pelangi dan Sekolah Binaan Carrefour. Kami berharap dengan turut berpartisipasi dalam kampanye ini, masyarakat menyadari pentingnya mengonsumsi sarapan sehat bagi anak Indonesia demi terwujudnya peningkatan kualitas generasi penerus yang lebih sehat, cerdas dan berprestasi,” ujar Country Business Manager Nestlé Breakfast Cereal Nestlé Indonesia Patrick Stillhart.

Taman Bacaan Pelangi merupakan yayasan yang memiliki kegiatan utama pengembangan taman bacaan untuk anak-anak di kawasan terpencil Indonesia bagian Timur, di mana status gizi masyarakatnya masih buruk berdasarkan Riskesdas 2013. Sekolah Binaan Carrefour adalah salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) di bawah platform 'One Store One School'. Saat ini terdapat 48 Sekolah Dasar binaan Transmart Carrefour di 13 kota di Indonesia.

Masyarakat dapat berpartisipasi dalam kampanye ini dengan menuliskan sebuah pesan untuk mendukung anak Indonesia agar mengonsumsi sarapan yang sehat melalui microsite “Berbagi PESAN”. Untuk setiap pesan yang disampaikan, Nestlé akan mendonasikan satu paket sarapan sehat selama tujuh hari yang berisi Nestlé KOKO KRUNCH, DANCOW Fortigro dan MILO. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mengakses microsite “Berbagi PESAN” mulai dari tanggal 1 Februari hingga 15 Maret 2015.

“Sebagai mitra terpercaya para orang tua dalam memastikan tumbuh kembang anak Indonesia yang optimal, sejak tahun 2008 DANCOW Fortigro secara aktif telah memberikan edukasi mengenai nutrisi dan kesehatan kepada 600.000 anak Indonesia di lebih dari 1.000 sekolah dasar yang tersebar di 30 kota di Indonesia. Segelas DANCOW dengan Fortigro di pagi hari akan membekali anak dengan protein dan mineral penting untuk mendukung pertumbuhannya dan membantunya berkonsentrasi saat belajar. Melalui “Berbagi PESAN”, kami berharap akan semakin banyak anak Indonesia yang mendapatkan sarapan yang bernutrisi lengkap. Ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam merealisasikan misi Nestlé Indonesia untuk mewujudkan masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia yang lebih sehat,” ujar Windy Cahyaning Wulan, Business Executive Manager Dairy Business Unit Nestlé Indonesia.

Sementara itu, Business Executive Manager Beverages Nestlé Indonesia Prawitya Soemadijo mengatakan ini merupakan kedua kalinya MILO mendukung Pekan Sarapan Nasional. Setiap tahunnya, MILO juga melakukan kunjungan ke lebih dari 2.500 sekolah dasar untuk berbagi informasi mengenai pentingnya sarapan sehat dan gaya hidup aktif melalui kegiatan senam MILOrobic. Kegiatan ini menjangkau lebih dari empat juta anak setiap tahunnya. “Kami ingin agar anak Indonesia terpenuhi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan sarapan sehat. Setelah 8 jam beristirahat, tubuh anak perlu mendapatkan kembali energi dengan makan makanan bergizi ditambah minum segelas MILO setiap sarapan. Dengan demikian, anak akan dapat menjalani aktivitas sehari-harinya dengan baik.”

"Sebagai satu-satunya perusahaan retail yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI), kerja sama dengan Nestlé dalam bentuk 'breakfast activity' ini adalah salah satu bentuk kepedulian Transmart Carrefour terhadap pemenuhan gizi anak bangsa Indonesia," ujar Herni Dian, Direktur Human Resources and Corporate Affairs, PT Trans Retail Indonesia.

Pekan Sarapan Nasional

Pekan Sarapan Nasional dideklarasikan oleh empat organisasi profesi ahli gizi dan pangan Indonesia, yaitu PERGIZI PANGAN Indonesia, PERSAGI, PDGMI dan PDGKI pada tahun 2013 sebagai momentum berkala setiap tahun yang bertujuan memberikan informasi, mengajak dan mendorong masyarakat agar menerapkan kebiasaan sarapan bergizi seimbang setiap hari. PERGIZI PANGAN Indonesia merupakan inisiator penyusunan Naskah Akademik Pekan Sarapan Nasional yang menunjukkan pentingnya sarapan.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, mengatakan, ”Kini semakin meningkat perhatian berbagai organisasi gizi dan pangan serta industri pangan yang berpartisipasi mensosialisasikan pentingnya sarapan. Hal ini menunjukkan hal positif tentang peningkatan jumlah orang yang mendapatkan informasi tentang pentingnya sarapan dalam menunjang kegiatan sehari-hari serta mengonsumsi sarapan sehat dan bergizi.”

Pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang Pedoman Gizi Seimbang 1994 menggunakan istilah makan pagi, sementara pada Permenkes Pedoman Gizi Seimbang 2014 menggunakan istilah sarapan. Pesan keenam dari 10 Pesan Utama dalam Pedoman Gizi Seimbang yang baru adalah "Biasakan Sarapan". Sarapan terdiri dari makan dan minum pagi, bukan hanya makan pagi.



Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Nur Shilla Christianto
Head of Corporate Communication
PT Nestlé Indonesia
email: nestle.indonesia@id.nestle.com