Sort by
Sort by

Creating Shared Value Mengenal Kunci Penting di Balik Kesuksesan Bisnis Nestlé

Creating Shared Value
Nestlé memiliki prinsip Menciptakan Manfaat Bersama atau bisa disebut dengan Creating Shared Value. Prinsip Creating Shared Value tersebut diterapkan di seluruh bagian bisnis yang Nestlé miliki.

Melalui prinsip tersebut, Nestlé menjalankan bisnis serta berkontribusi kepada masyarakat. Perusahaan dengan skala global memiliki kewajiban untuk beroperasi dengan tanggung jawab serta menciptakan manfaat yang jangka panjang untuk masyarakat.

Nestlé memiliki tiga ambisi utama yang ditargetkan tercapai pada tahun 2030, ambisi ini berkaitan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) seiring dengan berjalannya waktu untuk pencapaian SDGs tersebut. Selain beriringan dengan pencapaian SDGs, ambisi utama ini juga berdasarkan dari prinsip Nestlé sendiri yaitu Creating Shared Value. Ambisi utama tersebut antara lain:

Nestlé ingin membantu 50 juta anak hidup lebih sehat

Dengan membantu 50 juta anak hidup lebih sehat di masa kini akan membantu mereka untuk keberlangsungan hidupnya di masa depan.

Nestlé memiliki cita-cita untuk meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi dengan masa depan, maka Nestlé akan membantu merealisasikan cita-citanya tersebut dengan membantu 50 juta anak hidup lebih sehat. Nestlé memiliki 2 fokus utama untuk dukung anak lebih sehat, seperti:

  • Mempercepat transformasi varian produk Nestlé

    Varian produk Nestlé ditransformasikan berdasarkan prinsip, yaitu Creating Shared Value, sehingga produk-produk yang diluncurkan Nestlé dapat membantu untuk menciptakan hidup anak yang lebih sehat di masa kini, salah satunya dengan produk susu yang memiliki nutrisi baik untuk membantu dalam pemenuhan gizi anak.

  • Nestlé mengembangkan berbagai program dan layanan yang menginspirasi

    Untuk mewujudkan cita-cita Nestlé dalam membantu 50 juta anak hidup lebih sehat, Nestlé mengembangkan program-program yang menginspirasi seperti di bawah ini:

    • Nestlé Healthy Kids

      Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan pemahaman anak-anak akan nutrisi yang baik. Program ini dilaksanakan dengan adanya pelatihan dan seminar di sekolah-sekolah dasar.

    • Dokter Kecil-Mahir Gizi

      Pada program ini Nestlé bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenkes yang bertujuan untuk memperkaya program “Dokter Kecil”.

    • MILO Football Championship (MFC)

      Melalui program ini, Nestlé membantu pemerintah untuk mencari anak berbakat sepak bola muda di Indonesia.

    • Tantangan Juara MILO

      Program ini bekerja sama dengan PKK dan RPTRA untuk mengenalkan pola hidup aktif melalui aktivitas yang beragam seperti melakukan mini sports.

Nestlé melakukan pendampingan kepada peternak sapi perah dan petani kopi

Untuk masa depan ketahanan pangan di Indonesia, Nestlé berupaya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup para peternak sapi dan petani kopi guna meningkatkan kesejahteraan hidup mereka, sehingga susu sapi perah dan biji kopi yang dihasilkan berkualitas.

Nestlé melakukan pendampingan dengan memberikan para petani kopi serta peternak sapi perah pelatihan dan bimbingan. Selain itu, perkembangan dari setiap pemasok selalu dipantau dan dievaluasi mulai dari segi produk hingga kualitas.

Nestlé memiliki upaya untuk mencapai Zero Environmental Impact

  • Nestlé menjadi pelopor dalam penggunaan bahan-bahan alternatif

    Untuk mewujudkan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan, Nestlé memiliki cita-cita untuk mencapai zero waste dengan mengurangi sampah makanan. Sampah-sampah makanan tersebut dapat dikelola menjadi pupuk dan dapat dilakukan di pabrik-pabrik.

  • Nestlé membantu menciptakan masa depan yang bebas sampah

    Produksi sampah mengalami kenaikan di kota-kota yang padat penduduk, salah satunya Pulau Jawa yang menjadi pulau sebagai produsen sampah terbanyak. Nestlé berkolaborasi dengan PRAISE untuk mengelola manajemen sampah seperti memisahkan antara sampah organik dan non-organik.

  • Nestlé mendorong perubahan perilaku

    Perubahan perilaku ini diwujudkan dengan adanya penyuluhan pengelolaan air dan sampah. Nestlé melaksanakan program Creating Shared Value di desa-desa yang ada di Indonesia untuk membantu perubahan perilaku tersebut.

  • Nestlé menyelenggarakan campaign single use plastic

    Single use plastic merupakan bahan plastik sekali pakai yang tidak dapat didaur ulang dan Nestlé mengupayakan untuk menghilangkan penggunaan plastik tersebut.

  • Nestlé melaksanakan aktivitas clean up

    Para sukarelawan dan karyawan melaksanakan aktivitas clean up untuk membersihkan lingkungan seperti di laut maupun di sungai untuk menanggulangi masalah pencemaran air.

Kesuksesan Nestlé Indonesia dalam menerapkan program-program CSV menjadikan Nestlé sebagai langganan pemenang penghargaan Indonesia’s Best Corporate Social Initiative. Salah satunya yang digelar oleh Majalah MIX Marcomm dari Swa Media Group sejak 2016. Pada 2018, Nestlé Indonesia bahan merupakan satu-satunya perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan istimewa, yaitu Indonesia’s Most Powerful Corporate Initiatives 2018.

Penghargaan istimewa tersebut diberikan untuk program Integrated Rural Development Nestlé Indonesia seperti NESCAFÉ Plan dan Dairy Development Program. Majalah MIX MarComm juga mencantumkan Nestlé Indonesia sebagai salah satu dari 11 perusahaan di Indonesia dalam buku Indonesia’s Best Practices Corporate Social Initiative.

Nestlé Indonesia pada 2019 juga mendapatkan CECT Sustainability Awards 2019 yang diselenggarakan oleh Center for Entrepreneurship Change and Third Sector (CECT). Pada gelaran ini, Nestlé INdonesia menerima penghargaan Creating Shared Value Awards dari kategori Project-Based CSR & Sustainable Inclusive Business untuk Non-Publicly Listed Companies.