Sort results by
Sort results by

Apa Itu Manfaat Bersama? Berikut Penjelasan dan Upaya yang Dilakukan Nestlé dalam Mewujudkannya

Upaya Nestle dalam Menciptakan Manfaat Bersama
Dari waktu ke waktu, Nestlé selalu berusaha untuk menciptakan manfaat bersama lewat berbagai langkah kecil yang dilakukan. Dalam mendukung cita-cita tersebut, Nestlé melakukan berbagai komitmen untuk mencapai tiga ambisi yang ditargetkan untuk tahun 2030, sejalan dengan tenggat waktu pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Tiga ambisi yang ditargetkan pada tahun 2030 adalah sebagai berikut:

Membantu 50 Juta Anak Hidup Lebih Sehat

Sebagai generasi penerus bangsa, Nestlé ingin memberikan yang terbaik. Dalam memberikan yang terbaik untuk anak-anak, Nestlé percaya gizi yang baik adalah faktor utamanya. Untuk itu, Nestlé memastikan produk-produknya telah mendukung gaya hidup yang lebih sehat dengan mengurangi lebih dari 40.000 ton gula dan 6.200 ton lemak jenuh sejak 2014 lalu. Selain itu, Nestlé juga telah mengurangi lebih dari 1.5000 ton garam dari berbagai produk Nestlé sejak tahun 2012. Di samping itu, Nestlé telah meningkatkan jumlah produk makanan yang difortifikasi dengan mikronutrien hingga 174 miliar porsi secara global pada tahun 2017 dengan empat miliar porsi untuk Indonesia sendiri. Terakhir, 98% portfolio global produk Nestlé bebas dari asam lemak trans.

Dari berbagai pencapaian tersebut, Nestlé juga terus meningkatkan porsi sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan ke dalam produknya, selain itu mengurangi lebih banyak kandungan gula dan garam dan juga kandungan lemak jenuh.

Di samping itu, Nestlé juga melakukan berbagai program dan layanan online yang memberikan pengetahuan seputar gizi, resep sehat dan tips praktis dengan berbagai program seperti:

  • Nestlé Awal Sehat Tumbuh Sehat yang menawarkan layanan gizi untuk orang tua pada 1.000 hari pertama kehidupan anak yang telah tersedia di lebih dari 50 negara dan sudah memiliki lebih dari 10 juta member.
  • Program Olahraga MILO yang membantu anak-anak untuk menumbuhkan kecintaannya pada olahraga, membantunya belajar nilai-nilai penting seperti kerjasama dan kepemimpinan. Di Indonesia, 200 ribu anak telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga yang diselenggarakan oleh MILO.

Membantu Memperbaiki Taraf Hidup 30 Juta Keluarga di Berbagai Kelompok Masyarakat

Untuk menciptakan manfaat bersama, Nestlé mempekerjakan ratusan ribu orang dan menjalin mitra dengan jutaan petani, ribuan pemasok dan ratusan mitra yang ada di seluruh dunia. Dengan kemitraan dan kerjasama ini, Nestlé berharap dapat memperbaiki taraf hidup masyarakat dari segi ekonomi dan dapat menciptakan manfaat bersama.

Dipandu oleh nilai-nilai yang kami anut yang berakar pada rasa hormat, Nestlé bekerja bersama para mitra untuk menciptakan manfaat bersama – berkontribusi pada kehidupan masyarakat dan pada saat yang sama memastikan kesuksesan jangka panjang bagi bisnis Nestlé. Komitmen-komitmen tersebut pada akhirnya akan memungkinkan Nestlé untuk mencapai tiga ambisi yang telah kami targetkan, sejalan dengan tenggat waktu pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

SDGs sendiri telah disusun dan memiliki target agar tercapai pada tahun 2030. Sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan Nestlé, terdapat tiga ambisi utama yang ditargetkan untuk 2030, sejalan dengan tenggat waktu pencapaian SDGs. Ketiga ambisi tersebut adalah:

  • Membantu 50 juta anak hidup lebih sehat 

    Dalam upaya membantu 50 juta anak untuk hidup lebih sehat, Nestlé berinisiatif untuk terus mempercepat transformasi varian produk Nestlé agar bisa membantu anak untuk hidup lebih sehat. Selain itu, melalui berbagai program dan layanan, Nestlé Indonesia juga menginspirasi orang tua serta anak-anak untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

  • Membantu memperbaiki taraf hidup 30 juta keluarga

    Bentuk upaya Nestlé Indonesia untuk berkontribusi mencapai ambisi ini dimulai dari keluarga-keluarga di berbagai kelompok masyarakat yang berkaitan langsung dengan aktivitas bisnis yang dijalankan oleh Nestlé, salah satunya adalah dengan pengelolaan limbah ternak.

    Supplier atau pemasok susu perah diberikan bantuan teknis dan keuangan untuk mengolah limbah ternaknya agar dapat bermanfaat dan tidak menjadi isu lingkungan. Pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai energi terbarukan adalah salah satu dari program CSV yang dilakukan Nestlé Indonesia untuk menangani hal tersebut.

    Selain bisa digunakan sebagai bahan bakar sehari-hari, pengolahan limbah ternak juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang dapat digunakan sebagai pupuk untuk kebun rumput atau dijual untuk menambah penghasilan keluarga peternak sapi perah.

  • Berupaya mencapai zero environmental impact dalam operasional di lingkungan kerja Nestlé Indonesia

    Dimulai dari mendorong perubahan perilaku yang lebih ramah lingkungan dan mengarah ke inisiatif zero waste atau bebas sampah dengan langkah-langkah yang diterapkan dalam operasional sehari-hari di lingkungan kerja Nestlé Indonesia dan juga lingkungan sekitar. Sekaligus memelopori penggunaan bahan-bahan alternatif yang lebih berkelanjutan  , seperti menggunakan sekam padi sebagai pengganti LNG untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan melakukan pengelolaan air di area produksi untuk bantu mengurangi penggunaan air dan penghematan energi adalah elemen kunci dalam komitmen kami untuk menciptakan lingkungan hidup yang berkesinambungan.

Kesuksesan Nestlé Indonesia dalam menerapkan manfaat bersama menjadikan Nestlé sebagai langganan pemenang penghargaan Indonesia’s Best Corporate Social Initiative. Salah satunya yang digelar oleh Majalah MIX Marcomm dari Swa Media Group sejak 2016. Pada 2018, Nestlé Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan istimewa, yaitu Indonesia’s Most Powerful Corporate Initiatives 2018.

Itu dia beberapa hal yang dilakukan Nestlé dalam menciptakan manfaat bersama. Dengan berbagai langkah kecil yang dilakukan, Nestlé berharap dapat terus berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik.