Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Nescafé gunakan potensi kopi untuk mendukung kehidupan petani kopi

Nescafe Plan
Ke daftar Siaran Pers

Nescafé merupakan salah satu merek kopi paling terkenal di dunia, dan satu dari tujuh cangkir kopi merupakan produk Nescafé.

Namun, masih banyak petani kopi yang hidup dalam ketidakpastian. Kondisi kesehatan tanaman dan pendapatan mereka terus-menerus berada dalam ancaman. Oleh karena itu, sepuluh tahun lalu, Nestlé meluncurkan Nescafé Plan untuk meningkatkan kehidupan para petani kopi. Rancangan tersebut membantu meningkatkan pendapatan para petani, mengurangi dampak lingkungan dari perkebunan dan pabrik kopi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di beberapa negara seperti Brasil, Kolombia, Pantai Gading, Kenya, Meksiko, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Sejak awal, Nestlé telah menginvestasikan CHF 350 juta pada Nescafé Plan.

Mengacu pada kemajuan yang signifikan selama dekade terakhir (pdf, 4MB), Nestlé hari ini berkomitmen untuk meningkatkan upaya berkelanjutannya.

Philipp Navratil, Senior Vice President, Head of Beverages Strategic Business Unit, mengatakan: “Bersama dengan mitra kami dan 230 ahli agronomi Nescafé, kami telah meningkatkan efisiensi dan praktik agrikultur perkebunan, memampukan petani untuk mendapatkan harga terbaik untuk kopi yang ditanam secara berkelanjutan. Kami mendiversifikasi sumber pendapatan petani untuk mengurangi ketergantungan mereka pada satu jenis tanaman sehingga mereka dapat menjadi lebih tangguh. Kami tidak akan berhenti hanya sampai di sini. Program kami juga akan berkembang untuk memperbaiki kondisi sosial di dalam dan di sekitar perkebunan kopi. Kami akan melipatgandakan upaya kami untuk hak-hak pekerja, perlindungan anak, pemuda, dan pemberdayaan perempuan.”

Pada 2025,
Nescafé memiliki target untuk menggunakan 100% kopi dari sumber yang bertanggung jawab, yang dapat ditelusuri  kembali ke kelompok petani yang telah teridentifikasi. Kopi tersebut telah diverifikasi atau disertifikasi oleh organisasi independen.

Nescafé akan mengurangi dan menghilangkan emisi karbon dari sumber asal kopi dan dari seluruh proses operasionalnya. Nescafé juga akan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Hal ini adalah langkah nyata dan konkret, yang diantaranya juga mendukung  Nestlé mencapai komitmen kemasan ramah lingkungan pada 2025 dan ambisi net zero pada 2050.

Mitra
Nescafé, Rainforest Alliance, mengevaluasi aktivitas di berbagai wilayah sumber kopi di seluruh dunia untuk memastikan aktivitas tersebut memberikan dampak positif bagi kehidupan petani. Rainforest Alliance secara berkala memantau penerapan praktik yang baik oleh petani dan evolusi indikator terkait seperti produktivitas.

“Kemitraan kami dengan Nestlé pada Nescafé Plan berfokus pada upaya meningkatkan dan mengoptimalkan pertanian kopi. Bekerja sama dengan Rainforest Alliance dalam pelatihan, pemantauan, dan evaluasi, Nescafé menggunakan data dan bukti untuk menyesuaikan aktivitasnya dengan para petani kopi. Kami sangat senang dapat menjadi mitra Nestlé pada program ini,” ujar Alex Morgan, Markets Officer, Rainforest Alliance.

Melalui penerapan Nescafé Plan sejak tahun 2010, Nestlé telah mencapai hal-hal berikut:

  • Saat ini, 75% kopi untuk produk Nescafé diambil dari sumber yang bertanggung jawab. Pada 2020 saja, Nescafé telah membeli lebih dari 649.000 metrik ton kopi yang berasal dari sumber yang bertanggung jawab, volume terbesar dari satu pembeli kopi;
     
  • Mendistribusikan 235 juta bibit kopi yang unggul dan tahan penyakit, melebihi target awal yaitu 220 juta. Hal ini berkontribusi pada renovasi hampir 120.000 hektar perkebunan kopi di seluruh dunia;

  • Mengembangkan dan meluncurkan 15 variasi baru kopi Arabica dan Robusta di lima negara: Meksiko, Kolombia, Ekuador, Filipina, dan Thailand. Bahan tanaman ini memiliki produktivitas, ketahanan, dan kualitas yang lebih tinggi;
     
  • Memberikan lebih dari 900.000 sesi pelatihan kepada petani tentang praktik agrikultur yang baik, bertujuan untuk mengoptimalkan produktivitas dan biaya, meningkatkan kualitas, dan mengurangi dampak lingkungan melalui metode irigasi atatupun teknik pemangkasan yang efisien;
     
  • Memberdayakan lebih dari 10.000 perempuan dan petani muda melalui program kepemimpinan dan pelatihan tentang perencanaan ekonomi rumah tangga;
     
  • Memperkuat keterampilan bisnis lebih dari 10.000 petani dengan fokus pada literasi keuangan, pencatatan, dan kewirausahaan.
     

Sebelum akhir tahun, Nestlé akan menerbitkan peta jalan keberlanjutan Nescafé yang baru dan diperluas. Nestlé akan terus bekerja keras untuk mendorong sektor kopi yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Unduh  laporan: Our sustainable journey - Ten years of the Nescafé Plan (pdf, 4Mb)