Sort by
Sort by

Lanjutkan Komitmen untuk Dukung Kesehatan Lansia, Nestlé Boost Optimum Luncurkan Program RestorActive Fest dalam Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2024

Tahun ini, Nestlé Boost Optimum menargetkan 4.000 lansia di Jabodetabek untuk Tetap Aktif dan Bahagia melalui Program RestorActive Fest.

Boost Event
Ke daftar Siaran Pers

Jakarta, 28 Mei 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Nestlé Boost Optimum meluncurkan program RestorActive Fest pada Selasa, 28 Mei 2024 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Program ini dihadirkan untuk menginspirasi para lanjut usia (lansia) menjalani hidup yang lebih sehat dan menginformasikan pentingnya pemenuhan gizi dan pentingnya beraktivitas fisik secara teratur. RestorActive Fest merupakan hasil kolaborasi Pentahelix antara Nestlé Boost Optimum dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, Pengurus Pusat Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PP PERGEMI), divisi Geriatri FKUI RSCM, maupun komunitas lansia.

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Ade Rustama mengapresiasi program Nestlé Boost Optimum yang berkontribusi dalam mendukung strategi nasional kelanjutusiaan (Perpres No 88 tahun 2021) melalui program “4 Sehat 5 Bahagia” yang sudah berjalan mulai tahun 2023. “Melalui kegiatan RestorActive Fest, yang merupakan kolaborasi multisektor, Nestlè Boost Optimum mengedukasi para komunitas lansia, bagaimana menjadi lansia yang sehat dan bahagia. Kegiatan kolaborasi strategis ini turut mendukung upaya pemerintah mewujudkan kualitas hidup lansia di Indonesia menjadi lebih baik dan berdaya. Semoga komitmen Nestlè melalui kegiatan RestorActiv Fest dapat semakin berkembang dan berkelanjutan secara nasional.”

Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2023 persentase penduduk lansia di Indonesia mencapai 11,75 persen dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada 20451. Sejalan dengan tujuan Nestlé dalam menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang, Business Executive Officer Nestlé Health Science Erfin Suraida menjelaskan inisiatif yang diusung Nestlé Boost Optimum yang secara aktif berkomitmen untuk menginspirasi para lansia untuk menjaga kualitas hidup. “Seiring bertambahnya usia, tantangan kesehatan yang dihadapi para lansia membutuhkan perhatian yang signifikan. Salah satu tantangan tersebut adalah malnutrisi dan kemampuan fisik yang menurun, di mana ini dapat berdampak serius terhadap kesehatan dan tentunya kualitas hidup lansia. Nestlé Boost Optimum secara aktif mendorong para lansia melalui kegiatan yang berkesinambungan dan fokus pada edukasi “4 Sehat 5 Bahagia”, yaitu: pemenuhan gizi konsumsi ragam makanan bergizi seimbang, istirahat, aktif bergerak untuk mencapai pilar bahagia”.

Boost event

Sebagai tindak lanjut peluncuran gerakan “4 Sehat 5 Bahagia” pada 2023, maka tahun ini, Nestlé Boost Optimum meluncurkan program RestorActive Fest. Program ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian Pengaruh Konsumsi Boost Optimum & Resistance Training yang dilakukan oleh Nestlé Boost Optimum bersama PP PERGEMI dan divisi Geriatri FKUI RSCM dengan melibatkan 120 responden lansia selama 12 minggu. Hasil 1 BPS: Statistik Penduduk Lanjut Usia 2023 penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi Boost Optimum dan latihan fisik secara teratur dapat mencegah kerentaan otot, memperbaiki kekuatan otot, dan mewujudkan kualitas hidup apabila dapat dilakukan sejak dini dapat memberikan dampak yang semakin baik bagi para lansia.

Pembina PP PERGEMI Prof Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsulen Geriatri mengatakan, “Masalah kesehatan pada lanjut usia berawal dari kemunduran sel-sel tubuh, sehingga fungsi dan daya tahan tubuh menurun yang menyebabkan resiko terhadap penyakit pun meningkat. Dalam melihat kesehatan lansia bukan hanya fokus terhadap penyakitnya, tetapi bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan para lansia antara lain, pemenuhan gizi.

Untuk menjaga kemandirian di usia lanjut, penting bagi lansia untuk fokus pada pemenuhan gizi seimbang dan aktif bergerak. Suplementasi gizi yang mengandung protein baik diimbangi dengan latihan fisik secara rutin sangatlah penting untuk dapat mencegah kerentanan otot, memperbaiki kekuatan otot dan meningkatkan kualitas hidup.” tambah Prof Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsulen Geriatri.

Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan, Nestlé Boost Optimum bersama Kemenko PMK RI dan PP PERGEMI memperluas jangkauan program RestorActive ke puskesmas dan komunitas lansia di Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia.

Koordinator Komunitas Lansia JJS 86 Jabodetabek Wahyu Hardaningtyas mengatakan, “Kami berterima kasih atas dukungan Nestlé Boost Optimum kepada para lansia di Jakarta pada hari ini yang telah memfasilitasi kegiatan senam sehat lansia, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian gizi telah membantu kami dalam memahami pentingnya pemenuhan gizi dan beraktivitas secara teratur di usia lanjut. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan agar dapat membantu memberdayakan para lansia di Indonesia menjadi tetap aktif dan bahagia.”

Nestlé Health Science hadir untuk memberdayakan kehidupan yang lebih sehat melalui gizi. Salah satunya melalui produk Nestlé Boost Optimum yang mengandung kebaikan protein whey yang telah terbukti secara klinis dapat meningkatkan kekuatan otot dalam enam minggu. “Dengan program RestorActive Fest, kami ingin menunjukkan bahwa dengan tubuh yang kuat dan jiwa yang sehat, penuaan tidak menghalangi kebahagiaan di usia lanjut. Selamat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional. Mari lanjutkan kolaborasi ini untuk peningkatkan kualitas hidup lansia di Indonesia. Hidup Sehat, Hidup Bahagia!tutup Erfin Suraida.


1 BPS: Statistik Penduduk Lanjut Usia 2023