Seberapa sehat Makanan dan Minuman Nestlé?

Baru-baru ini, beberapa berita media mempertanyakan kesehatan makanan dan minuman Nestlé. Kami percaya bahwa portofolio produk-produk kami memberikan kontribusi positif bagi kesehatan dan keafiatan komunitas yang kami layani.

Malnutrisi, dalam segala bentuknya (baik kelebihan maupun kekurangan gizi) merupakan tantangan global yang serius, dengan berbagai penyebab. Masih banyak yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Kami percaya bahwa skala dan jangkauan perusahaan kami memungkinkan kami untuk memberikan kontribusi yang bermakna dan mendorong perubahan positif.

Nestlé sedang mengerjakan proyek di seluruh perusahaan untuk memperbarui strategi gizi dan kesehatan.

Kami melihat seluruh portofolio kami di berbagai fase kehidupan masyarakat untuk memastikan produk-produk kami membantu memenuhi kebutuhan gizi mereka dan mendukung pola makan dengan gizi seimbang.

Upaya kami dibangun di atas fondasi kerja yang kuat selama beberapa dekade untuk meningkatkan jejak gizi produk kami. Sebagai contoh, kami telah mengurangi kandungan gula dan garam dalam produk kami secara signifikan dalam dua dekade terakhir, sekitar 14-15% dalam 7 tahun terakhir saja. Di Indonesia, sejak 2017 kami telah mengurangi kandungan gula pada produk-produk kami sebanyak 28%.

Di Indonesia kami memproduksi dan mendistribusikan produk-produk sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk persyaratan gizi, kualitas dan keamanan dari BPOM, serta peraturan Halal. Pada 8 Juni 2021, BPOM mengeluarkan penjelasan bahwa berita yang beredar baru-baru ini tidak ada kaitannya dengan kualitas dan kemanan pangan, dan BPOM telah melakukan proses evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, gizi dan label termasuk pencantuman Informasi Nilai Gizi dalam memberikan Nomor Izin Edar (NIE) produk pangan olahan, termasuk produk Nestle yang beredar di Indonesia.

Kami menjamin kualitas dan keamanan produk-produk untuk para konsumen kami. Kami menambahkan bahan-bahan seperti  serealia utuh, protein, serat dan mikronutrien (zat gizi mikro) serta mengurangi gula, garam, lemak jenuh dan kalori pada produk-produk kami yang ada saat ini. Pada 2020, Kami juga telah mendistribusikan 4,25 miliar sajian mikronutrien (zat gizi mikro) melalui produk kami yang bergizi dan dengan harga terjangkau.

Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah meluncurkan ribuan produk untuk anak-anak dan keluarga yang memenuhi standar gizi eksternal yang ketat. Kami juga telah mendistribusikan milyaran dosis mikronutrien (zat gizi mikro) melalui produk kami yang bergizi dan dengan harga terjangkau.

Dalam mempertimbangkan strategi gizi masa depan kami, pertama-tama kami fokus pada penilaian produk makanan dan minuman kami yang dapat diukur berdasarkan sistem profil gizi eksternal. Sistem seperti Health Star Rating dan Nutri-Score berguna dalam hal ini dan memungkinkan konsumen membuat pilihan berdasarkan informasi. Namun, standar tersebut tidak mencakup semua portofolio produk-produk kami. Sekitar setengah dari portofolio penjualan kami tidak tercakup oleh sistem ini, yang mencakup produk kategori seperti gizi bayi/anak, produk gizi khusus dan makanan hewan peliharaan, yang mengikuti standar gizi yang telah ada.

Kami percaya bahwa pola makan sehat berarti menemukan keseimbangan antara kesehatan dan kenikmatan. Ini termasuk menyediakan ruang untuk makanan indulgent (memanjakan), yang dikonsumsi secukupnya.

Tujuan kami tidak berubah dan jelas: kami akan terus membuat portofolio kami lebih lezat dan lebih sehat.

Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan nilai gizi produk Anda?

Kami menambahkan bahan-bahan seperti serealia utuh, protein, serat, dan mikronutrien (zat gizi mikro), serta mengurangi kandungan gula, garam, dan lemak jenuh pada produk-produk kami yang ada saat ini. Sejak 2017 kami telah meluncurkan lebih dari 4.000 produk bergizi yang membantu memberikan pilihan yang lebih baik untuk anak-anak dan keluarga. Juga pada 2017, kami telah berhasil mengurangi 4,5% gula, mengurangi 3,8% garam, dan memenuhi target pengurangan 10% pada tingkat lemak jenuh yang ditetapkan pada 2014.

Kami berupaya untuk menyederhanakan daftar bahan, guna memudahkan konsumen dalam memahami kandungan makanan mereka dan membuat pilihan yang lebih baik berdasarkan informasi. Di daerah di mana pola makan setempat  masih belum mencukupi, kami menyediakan makanan dan minuman yang diperkaya dengan mikronutrien (zat gizi mikro)  utama, seperti zat besi, yodium, vitamin A, dan seng.

Selain itu, kami meningkatkan pilihan makanan dan minuman nabati.

Apa yang dilakukan Nestlé untuk membatasi pemasaran produk yang tinggi garam, gula, dan lemak kepada anak-anak?

Nestlé mengikuti standar ketat terkait periklanan dan pemasaran kepada anak-anak. Nestlé tidak mengiklankan kepada anak-anak di bawah usia enam tahun. Baru-baru ini kami memperkuat Kebijakan Komunikasi Pemasaran kepada Anak-Anak. Kami memperkenalkan kriteria gizi yang lebih ketat untuk makanan dan minuman yang dipasarkan kepada anak-anak usia enam hingga 12 tahun (misalnya, kami tidak memasarkan permen, biskuit, atau es krim kepada anak-anak). Kami memastikan makanan dan minuman yang dijual di sekolah memenuhi kriteria gizi yang ketat. Kami juga mematuhi janji pemasaran eksternal termasuk komitmen International Food and Beverage Alliance (IFBA), EU Pledge, dan komitmen setempat.

Apa yang dilakukan Nestlé untuk mengatasi obesitas?

Obesitas adalah tantangan global yang serius, dan selama lebih dari satu dekade Nestlé telah bertindak  untuk mengatasi masalah tersebut dan berkontribusi pada solusi-solusi – bekerja sama dengan organisasi kesehatan masyarakat, pemerintah, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Kami ingin menginspirasi masyarakat, untuk menjalani pola makan seimbang dan hidup lebih sehat. Pada 2020, kami menjangkau lebih dari 33 juta anak melalui Nestlé for Healthier Kids.

Bagaimana peringkat produk-produk Nestlé pada sistem profil gizi eksternal?

Sistem seperti Health Star Rating dan Nutri-Score sangat membantu karena memungkinkan konsumen membuat pilihan berdasarkan informasi dengan mengidentifikasi pilihan paling sehat dalam kategori produk. Standar-standar itu juga merupakan insentif untuk membuat makanan lebih sehat dengan memberikan standar yang jelas. Di Nestlé, kami memulai perjalanan reformulasi kami lebih dari 20 tahun yang lalu, mengurangi gula, garam, dan lemak jenuh dalam makanan, dan menambahkan bahan-bahan seperti serealia utuh, protein, serat, dan mikronutrien (zat gizi mikro). Arah perjalanan kami tidak berubah dan jelas: kami akan terus membuat portofolio kami lebih lezat dan lebih sehat.