Sort by
Sort by

Meningkatkan Kesadaran, Pengetahuan dan Pemahaman tentang Gizi

Para peserta pelatihan dari berbagai PUSKESMAS di Kabupaten Tangerang terlibat dalam sebuah permainan simulasi yang kelak juga akan digunakan oleh para tenaga kesehatan dalam penyuluhan mereka kepada masyarakat.

Kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang gizi dan kesehatan akan membuat masyarakat termasuk ibu-ibu mampu membuat keputusan yang tepat dan mempunyai pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya gizi, pola makan yang sehat serta pentingnya aktivitas fisik.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Nestlé dalam hal peningkatan kesadaran dan pengetahuan tentang gizi, diantaranya yaitu informasi gizi yang jelas pada label kemasan, keikutsertaan dalam program edukasi nutrisi, program intervensi dan penyebaran informasi tentang gizi bagi masyarakat secara online, serta kerja sama dengan pemerontah atau dinas terkait dalam penyebaran informasi tentang gizi dan pola hidup sehat.

Program Nutrisi Seimbang Menuju Sehat adalah satu lagi komitmen kami untuk semakin memperkuat pengetahuan masyarakat luas tentang gizi dasar dan kualitas hidup. Sebagai sebuag perusahaan dunia terkemuka dalam bidang gizi, kesehatan dan kesejahteraan, kami memandang isu pengetaguan mengenai gizi ini sebagai hal yang cukup vital bagi kesejahteraan masyarakat.

Melalui penelitian awal yang dilakukan kami melihat begitu besarnya peran penyuluhan oleh tenaga PUSKESMAS, sebagai sumber informasi bagi masyarakat khususnya para ibu. Dalam kegiatan yang rata-rata dilakukan sebulan sekali ini, para petugas kesehatan ini berupaya menggunakan kreativitas mereka untuk menyajikan informasi gizi yang terkini dan mudah dimengerti.

Ditahun 2008, sebanyak 1.300 tenaga PUSKESMAS mengikuti program ini

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, kami memberikan sesi penyegaran tentang gizi dasar, makanan simbang dan pola hidup sehat kepada staf PUSKESMAS, dimana setelah itu mereka diharapkan mampu menyebarkan informasi tersebut ke masyarakat.

Tim ahli nutrisi kami yang telah berpengalaman dalam berinteraksi dengan masyarakat luas dalam hal ini, menyusun materi program ini, untuk kemudian didiskusikan bersama mitra kami, para dokter ahli gizi yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), dimana mereka pun terlibat aktif sebagai fasilitator dalam program ini. Melalui penelitian kualitatif, kami ujicobakan materi program tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimum.

Di tahun 2008, sebanyak 1.300 tenaga PUSKESMAS di empat wilayah: Bandar Lampung, Jakarta, Pasuruan dan Tangerang, menjadi sasaran kegiatan ini, dengan dukungan dari Dinas Kesehatan setempat. Di dalam program ini, para peserta diberikan serangkaian pelatihan dan pembekalan seputar informasi gizi dasar, pola makan sehat dan seimbang dan hal-hal lain yang berkaitan dengan gizi dan kualitas hidup. Materi disajikan secara interaktif dalam bentuk beberapa permainan seperti menyususn menu seimbang, kuis mengenai gizi dan masih banyak lagi.

Tantangan kami berikutnya adalah memastikan bagaimana pengetahuan yang telah diberikan dapat sampai kepada masyarakat terutama para ibu dengan akurat. Inilah target kegiatan programini ditahun 2009. Selain lebih memperluas jumlah tenaga kesehatan yang dilatih, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat, kami akan memfasilitasi upaya penyebaran pengetahuan ini kepada masyarakat luas.