Sort by
Sort by

Mengenal Lebih Dekat Seputar Creating Shared Value (CSV)

apa itu CSV? mengenal lebih dekat seputar CSV
Nestlé percaya pada kekuatan makanan untuk meningkatkan kualitas hidup. Keyakinan inilah yang mendorong komitmen kami untuk menggunakan skala global, sumber daya, dan keahlian kami untuk berkontribusi pada masa depan yang lebih sehat bagi manusia dan planet ini.

Nestlé menyebutnya Menciptakan Nilai Bersama (CSV). Inilah cara kami memberikan dampak positif jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan kami. Pekerjaan kami dipandu oleh tiga ambisi global kami: mendukung anak-anak, mengembangkan komunitas, dan melestarikan planet ini untuk masa depan.

Lalu, Apa itu CSV?

Sebagai perusahaan dengan skala global, Nestlé tidak hanya berkewajiban untuk beroperasi secara bertanggungjawab, tapi juga memiliki kesempatan yang besar untuk dapat menciptakan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.

Nestlé menyebutnya sebagai Creating Shared Value (CSV), atau Menciptakan Masyarakat Bersama. Program CSV ini diterapkan di seluruh mata rantai usaha Nestlé, dan merupakan prinsip yang dipegang teguh dalam melakukan bisnis dan berkontribusi pada masyarakat.

Dipandu oleh nilai-nilai yang kami anut yang berakar pada rasa hormat, Nestlé bekerja bersama para mitra untuk menciptakan manfaat bersama – berkontribusi pada kehidupan masyarakat dan pada saat yang sama memastikan kesuksesan jangka panjang bagi bisnis Nestlé. Komitmen-komitmen tersebut pada akhirnya akan memungkinkan Nestlé untuk mencapai tiga ambisi yang telah kami targetkan, sejalan dengan tenggat waktu pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

SDGs sendiri telah disusun dan memiliki target agar tercapai pada tahun 2030. Sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan Nestlé, terdapat tiga ambisi utama yang ditargetkan untuk 2030, sejalan dengan tenggat waktu pencapaian SDGs. Ketiga ambisi tersebut adalah:

  • Membantu 50 juta anak hidup lebih sehat

    Dalam upaya membantu 50 juta anak untuk hidup lebih sehat, Nestlé berinisiatif untuk terus mempercepat transformasi varian produk Nestlé agar bisa membantu anak untuk hidup lebih sehat. Selain itu, melalui berbagai program dan layanan, Nestlé Indonesia juga menginspirasi orang tua serta anak-anak untuk menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

  • Membantu memperbaiki taraf hidup 30 juta keluarga

    Bentuk upaya Nestlé Indonesia untuk berkontribusi mencapai ambisi ini dimulai dari keluarga-keluarga di berbagai kelompok masyarakat yang berkaitan langsung dengan aktivitas bisnis yang dijalankan oleh Nestlé, salah satunya adalah dengan pengelolaan limbah ternak.

    Supplier atau pemasok susu perah diberikan bantuan teknis dan keuangan untuk mengolah limbah ternaknya agar dapat bermanfaat dan tidak menjadi isu lingkungan. Pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai energi terbarukan adalah salah satu dari program CSV yang dilakukan Nestlé Indonesia untuk menangani hal tersebut.

    Selain bisa digunakan sebagai bahan bakar sehari-hari, pengolahan limbah ternak juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang dapat digunakan sebagai pupuk untuk kebun rumput atau dijual untuk menambah penghasilan keluarga peternak sapi perah.

  • Berupaya mencapai zero environmental impact dalam operasional di lingkungan kerja Nestlé Indonesia

    Dimulai dari mendorong perubahan perilaku yang lebih ramah lingkungan dan mengarah ke inisiatif zero waste atau bebas sampah dengan langkah-langkah yang diterapkan dalam operasional sehari-hari di lingkungan kerja Nestlé Indonesia dan juga lingkungan sekitar. Sekaligus memelopori penggunaan bahan-bahan alternatif yang lebih berkelanjutan.

Kesuksesan Nestlé Indonesia dalam menerapkan CSV menjadikan Nestlé sebagai langganan pemenang penghargaan Indonesia’s Best Corporate Social Initiative. Salah satunya yang digelar oleh Majalah MIX Marcomm dari Swa Media Group sejak 2016. Pada 2018, Nestlé Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan istimewa, yaitu Indonesia’s Most Powerful Corporate Initiatives 2018.

Penghargaan istimewa tersebut diberikan untuk program Integrated Rural Development Nestlé Indonesia seperti NESCAFÉ Plan dan Dairy Development Program. Majalah MIX MarComm juga mencantumkan Nestlé Indonesia sebagai salah satu dari 11 perusahaan di Indonesia dalam buku Indonesia’s Best Practices Corporate Social Initiative.

Nestlé Indonesia pada 2019 juga mendapatkan CECT Sustainability Awards 2019 yang diselenggarakan oleh Center for Entrepreneurship Change and Third Sector (CECT). Pada gelaran ini, Nestlé INdonesia menerima penghargaan Creating Shared Value Awards dari kategori Project-Based CSR & Sustainable Inclusive Business untuk Non-Publicly Listed Companies.