Sort results by
Sort results by

Pentingnya pola hidup sehat

Dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Pola hidup sehat

Memiliki tubuh yang sehat menjadi dambaan semua orang. Selain tubuh jadi tidak mudah sakit, Anda pun bisa terus aktif melakukan banyak kegiatan di kehidupan sehari-hari. Demi mewujudkan hal ini, setiap orang perlu menjalankan pola hidup sehat setiap hari.

Sayangnya, dengan kesibukan menjalani aktivitas terkadang membuat kita lupa akan penerapan pola hidup sehat ini. Lantas, bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat yang benar agar kita tidak lupa? Berikut informasinya!

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari

Menurut dr. Fiastuti Witjaksono, ahli nutrisi dan Kepala Departemen Nutrisi Universitas Indonesia untuk memulai pola hidup sehat bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur secukupnya. Pasalnya, dua makanan ini memiliki banyak kandungan antioksidan, mineral, serat, vitamin, dan kandungan sehat lainnya yang baik bagi tubuh. 

Namun, kesibukan harian yang menyita tenaga dan waktu kerap membuat seseorang jadi tidak rutin atau lupa mengonsumsinya. Terdapat juga fakta berdasarkan dari penelitian dan pengembangan Departemen Pertanian Indonesia bahwa orang Indonesia kurang peduli terhadap konsumsi buah dan sayur bila dibandingkan dengan negara Asia lainnya seperti Kamboja, Tiongkok, Singapura, dan Vietnam.

Padahal, bila rutin mengonsumsi buah dan sayur, maka pola hidup sehat ini bisa membantu mencegah berat badan berlebih atau obesitas yang bisa meningkatkan risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker, dan jantung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan bahwa ada baiknya jika kita mengonsumsi paling tidak 400 gram buah dan sayur setiap harinya. Jumlah ini sama dengan lima porsi per hari. Seperti yang dikatakan oleh dr. Fiastuti untuk membagi porsi makan sayur dua kali sehari bersamaan dengan makan besar dan dibarengi dengan cemilan buah tiga kali sehari.

Cara mudahnya, kita dapat menggunakan kedua tangan untuk mengukur seberapa banyak porsi buah dan sayur yang perlu dikonsumsi setiap hari. Buat kedua telapak tangan membentuk mangkuk untuk mengukur porsi sayuran dan satu genggaman telapak tangan untuk buah.

Untuk membantu Anda dalam mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, bisa ikuti tips sederhana “5­ A Day Your Way” dari dr. Fiastuti Witjaksono berikut ini:

  1. Mulai hari dengan mengonsumsi segelas jus segar dari kombinasi sayuran dan buah
  2. Makan satu buah utuh bersama dengan sarapan
  3. Konsumsi menu makan siang dengan porsi sayuran yang banyak sebagai pendamping
  4. Untuk cemilan sore, bisa konsumsi satu buah utuh
  5. Di malam hari bisa makan malam didampingi porsi sayuran yang besar

Bila Anda memiliki anak remaja yang sulit untuk mengonsumsi buah dan sayur, bisa disiasati dengan beberapa cara. Anda bisa menyajikan buah dalam bentuk lain seperti mencampurkannya ke dalam puding atau dibuat sebagai jus. 

Sementara untuk sayuran, Anda dapat mencampurkannya ke dalam menu favoritnya. Misalnya, anak suka makan sop buntut, berilah tambahan sayuran buncis, kembang kol, dan wortel ke dalam olahan makanan tersebut. 

Olahraga Teratur

Pola hidup sehat juga perlu dibarengi dengan melakukan olahraga secara rutin. Bagi orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 150 menit dalam satu minggu. Untuk mengakalinya, Anda bisa membaginya ke dalam beberapa hari, misalnya bila memiliki waktu 30 menit sehari untuk berolahraga, berarti lakukan 5x seminggu dengan masing-masing hari 30 menit. 

Tapi perlu diingat, kita perlu menyesuaikan durasi olahraga dengan kondisi tubuh. Bila saat melakukan olahraga, tubuh kamu mengalami kelelahan yang terasa berlebih atau mengalami keluhan fisik lain, sebaiknya langsung kurangi durasi dan frekuensi olahraga. 

Perlu juga menjadwalkan hari istirahat tanpa olahraga untuk mencegah otot tubuh mengalami cedera. Jangan sampai lupa juga untuk pemanasan sebelum memulai olahraga dan melakukan pendinginan usai olahraga.

Perhatikan label gizi bila membeli makanan atau minuman kemasan

Sebagai konsumen, setiap orang perlu teliti melihat informasi gizi yang tertera di label kemasan makanan atau minuman yang akan dikonsumsinya. Dengan membaca label kandungan gizi dalam kemasan, kita bisa tahu informasi lengkap mengenai apa saja kandungan yang ada di makanan atau minuman tersebut dan apakah produk-produk tersebut sudah memenuhi kebutuhan gizi harian  atau tidak. 

Label informasi kandungan gizi biasanya mencantumkan istilah-istilah tertentu yang perlu Anda ketahui maksudnya. Beberapa istilah tersebut seperti gula, kalori, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, komposisi, ukuran penyajian, dan persentase angka kebutuhan gizi harian.

Perhatikan kebersihan diri

Terakhir, penerapan pola hidup sehat juga perlu dibarengi dengan menjaga kebersihan diri. Hal ini penting dilakukan bukan hanya untuk menghindari penyakit, tapi juga meminimalisir risiko tertular atau menularkan penyakit ke orang-orang yang ada di sekitar. 
Beberapa cara menjaga kesehatan diri yang bisa dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari, yakni antara lain:

  1. Cuci tangan secara rutin dengan sabun bila tangan terlihat kotor. Sementara bila tidak terlihat kotor, bisa bersihkan tangan secara teratur menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol. Perlu juga mencuci tangan ketika menyiapkan makanan, setelah bersin dan batuk, ketika merawat orang sakit, dan setelah menggunakan toilet.
  2. Saat batuk atau bersin, Anda harus selalu tutup mulut dan hidung menggunakan sapu tangan, tisu, atau siku tertekuk atau menggunakan tisu. Kemudian buang tisu di tempat sampah setelah menggunakannya dan cuci tangan setelahnya.
  3. Tidak beraktivitas jika sakit. Bila Anda sedang merasa tidak enak badan segera kunjungi dokter, dan jangan lupa untuk menceritakan apakah Anda memiliki penyakit bawaan, alergi, atau kondisi kesehatan tertentu. Ceritakan juga riwayat perjalanan dan makanan yang dikonsumsi. Jangan melakukan aktivitas jarak dekat maupun kontak fisik secara langsung (seperti bersalaman) saat sedang sakit.
  4. Saat sedang menyiapkan makanan, sebaiknya gunakan talenan dan pisau yang berbeda saat memotong daging mentah, sayuran atau buah dan makanan matang. Perlu juga cuci tangan saat berpindah mengolah antara makanan mentah dan matang.

Itu tadi beberapa cara melakukan pola hidup sehat dalam keseharian. Bagaimana cukup mudah ‘kan? Yuk, lakukan pola hidup sehat sekarang juga!