Sort by
Sort by

Pentingnya Memiliki Kemampuan Energy & Time Management yang Baik di Dunia Kerja

Pentingnya Time Management yang Baik di Dunia Kerja

Pernahkah Anda merasa kekurangan waktu untuk merampungkan pekerjaan harian? Ya, kita semua punya waktu yang sama, 24 jam.

Namun kenapa sejumlah orang bisa menyelesaikan pekerjaan serta meraih prestasi lebih dibanding yang lain? Jawabannya adalah Energy & time management.

Time management skills memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali di dunia kerja. Jadi, tidak ada salahnya mengetahui lebih jauh soal time management. Berikut penjelasan ihwal pentingnya time management dan bagaimana cara melakukannya:

Pengertian Time Management

Time management atau manajemen waktu adalah proses pengelolaan serta perencanaan berkaitan dengan waktu yang dihabiskan untuk sebuah kegiatan.

Time management juga bermakna perencanaan hari atau waktu agar dapat melakukan kegiatan paling baik atas waktu yang dimiliki.

Konsep time management sendiri berawal dari revolusi industri, yakni saat mulai ada perhatian tentang perencanaan waktu secara efektif dan efisien untuk setiap orang. Konsep tersebut saat ini lekat untuk mendorong efektivitas karyawan di suatu perusahaan.

Tak hanya meringankan beban kerja, good time management dapat menurunkan stress serta meningkatkan produktivitas para karyawan.

Pengertian Energy Management

Energy management adalah sebuah cara untuk menyadari seberapa banyak energi mental dan fisik yang Anda miliki untuk melakukan aktivitas yang telah direncanakan. Teknik manajemen ini sering dikaitkan dengan time management. Masalahnya, jika hanya memanfaatkan manajemen waktu, seseorang akan mengabaikan kesehatan psikis dan emosionalnya. Umumnya, kita telah diajari untuk mengabaikan emosi. Akan tetapi, emosi adalah suatu hal yang bisa sewaktu-waktu menyelinap dan mengganggu kesehatan serta produktivitas kita.

Maka dari itu, sebagai pekerja, Anda harus selalu mempertimbangkan bagaimana kehidupan personal dan kesibukan dalam karier akan memengaruhi energi pribadi yang Anda miliki.

Cara Melakukan Time Management yang Baik

  1. Buat Prioritas Pekerjaan

    Anda dapat membuat list tugas yang harus diselesaikan dalam mengelola prioritas pekerjaan. Penyusunan list tugas dapat dilakukan harian, mingguan atau bulanan.

    Anda dapat memberikan keterangan dalam list tugas sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan skala prioritas. Penggunaan list juga dapat menghindari risiko pekerjaan terlewatkan.

  2. Sesuaikan Pola Kerja

    Bagaimana mencapai good time management? Salah satu caranya yakni dengan menyesuaikan dengan pola kerja Anda.

    Sejumlah orang cenderung bekerja lebih produktif dan efektif saat tertekan. Karyawan dengan model ini biasanya baru mengeluarkan kreativitas serta kemampuannya saat mulai terdesak.

    Ada pula pekerja yang dapat bekerja lebih bagus dengan waktu lebih. Hal itu karena pekerja tersebut butuh ketelitian dalam pekerjaan.

  3. Selesaikan yang Berat Dahulu

    Anda dapat mendahulukan pekerjaan yang lebih sulit untuk mengoptimalkan time management. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus dan pikiran lebih enteng apabila pekerjaan tersulit sudah dilalui.

  4. Tetapkan Deadline

    Sudah bikin list tugas dengan terperinci? Jangan lupa cantumkan tenggat penyelesaiannya juga ya. Deadline akan membantu Anda mengetahui kapan pekerjaan harus diselesaikan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui tugas mana yang perlu diprioritaskan di periode tertentu.

  5. Pakai Varian Teknik Time Management

    Ada sejumlah teknik management yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan kecocokan. Salah satu teknik yang sudah familiar adalah teknik Pomodoro.

    Dengan teknik tersebut, Anda hanya perlu fokus pada jangka waktu yang telah Anda tetapkan. Konkritnya, Anda dapat memasang timer selama 25 menit. Anda dapat mencatat capaian yang berhasil dilakukan usai waktu habis.

    Setelah itu, Anda dapat beristirahat selama lima menit. Waktu istirahat dapat ditambah menjadi 15 sampai 30 menit setelah melalui empat putaran timer.

Manfaat Memiliki Energy & Time Management yang Baik

Time management akan menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi. Claessens, et al (2007) dalam “A review of the time management literature” menyebutkan penggunaan teknik time management berhubungan langsung dengan kinerja, kepuasan, serta dapat mengurangi kegalauan dan kecemasan.

Manajemen waktu yang baik penting untuk menghadapi tekanan dalam kehidupan modern sehingga tak terjebak stress.

Energy & time management juga dapat menjadi cara bagi karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Dengan demikian, pekerja memiliki waktu lebih untuk menjalin relasi sosial atau memperdalam skill lain.

Selain itu, time management membuat orang menjadi penting dan terhormat karena mampu menghormati waktu dan mengorganisasi hal-hal di lingkungannya.

Semoga ulasan tentang energy & time management di atas dapat menjadi pijakan Anda membuat pengaturan waktu kerja yang lebih efektif dan efisien. Pengaturan waktu adalah soft skill yang perlu terus Anda kembangkan setiap waktu. Dengan time management yang baik, Anda akan menjadi orang yang bertanggung jawab dan lebih dekat dengan kesuksesan.

Sebagai mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk berkarya di dunia kerja, time and energy management dapat dipelajari dengan cara bergabung dengan program magang. Di Nestlé, kami memiliki beberapa program pemagangan yang bertujuan untuk mengembangkan para talenta masa depan melalui proyek-proyek yang bersentuhan langsung dengan bisnis.

Tertarik untuk mengikuti program magang di Nestlé? Kunjungi halaman ini, ya!