Sort by
Sort by

Eksplorasi Kemasan Guna Ulang

koinpack
Saat ini kesadaran masyarakat akan menjaga Bumi semakin meningkat dan kemasan guna ulang muncul sebagai peluang upaya keberlanjutan. Inovasi kemasan ini dirancang untuk dapat digunakan berkali-kali, sehingga membantu meminimalkan dampak terhadap lingkungan.

Nestlé Indonesia & Nestlé R&D Singapore berkolaborasi dengan Koinpack by Alner, meluncurkan studi kemasan guna ulang untuk produk MILO dan KOKO KRUNCH selama 4 bulan. Dengan kemasan guna ulang ini, konsumen dapat menikmati produk favorit dalam satu takaran saji yang tetap praktis serta higienis.

Nestlé bersama Koinpack by Alner memperkenalkan kemasan guna ulang dengan menggunakan model deposit-reward. Studi dimaksudkan untuk mendapatkan data riil dari penerimaan dan pengalaman berbelanja konsumen karena model penjualan seperti ini belum umum dilakukan di Indonesia. Hasil studi ini akan digunakan Nestlé untuk mengembangkan bisnis model baru di kemudian hari.

Yuk simak lebih lanjut untuk mengenal salah satu inisiatif Nestlé dalam mengembangkan kemasan yang lebih ramah lingkungan!

Apa itu kemasan guna ulang model deposit-reward?

Model deposit-reward menawarkan cashback sebagai reward pada saat konsumen mengembalikan kemasan dengan reward berupa cashback, konsumen diharapkan untuk mengembalikan kemasan agar bisa digunakan dan diisi kembali di fasilitas operasional Nestlé.

Pada saat pengembalian, reward dalam bentuk cashback tersebut dapat digunakan konsumen sebagai potongan harga untuk pembelian produk berikutnya, atau konsumen dapat mengambil langsung cashback dalam bentuk tunai maupun e-wallet.

Bagaimana Bentuk Kolaborasi Nestlé dan Alner?

Dalam pengembangan inovasi kemasan guna ulang Nestlé dan Alner, telah memenuhi persyaratan dalam menjaga keamanan dan kualitas pangan dalam menyajikan produk MILO dan KOKO KRUNCH bagi konsumen. Kedua produk dalam kemasan guna ulang ini sudah didaftarkan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga telah memiliki nomor izin edar.

Seluruh proses operasional berada di area operasional Nestlé, termasuk pengisian dan pencucian kemasan, dengan pengawasan dan pemantauan yang ketat sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

Alner merupakan mitra operasional penjualan yang bertanggung jawab untuk melakukan distribusi ke lokasi penjualan, pengumpulan kemasan kosong, pemberian potongan harga, dan pembayaran cashback kepada konsumen; sesuai dengan produser yang disepakati bersama dengan Nestlé.

Di Mana Konsumen Dapat Menemukan MILO dan KOKO KRUNCH Dalam Kemasan Guna Ulang Koinpack by Alner?

Konsumen dapat membeli produk MILO dan KOKO KRUNCH dalam kemasan guna ulang melalui mitra ritel, warung, agen, dan bank sampah yang telah bekerja sama, serta memesan secara online pada platform Alner. Pengembalian kemasan kosong juga bisa dilakukan di lokasi yang sama.

Mitra Ritel

Alfamidi Bangka

Jakarta Selatan

Jl. Bangka Raya No.106, Kec. Mampang Prpt.,

Tip Top Rawamangun

Jakarta Timur

Jl. Balai Pustaka Timur No.31-35, Rawamangun

Mitra Warung

ABA Mart

Jakarta Selatan

Jl. H. Sijan RT 007/002 No. 23

Toko Santai Kemang

Jakarta Selatan

Jl. Kemang Timur 1 No. 31

Online Shop

Tokopedia Alner

Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Tangerang Selatan

https://www.tokopedia.com/alner

Shopee Alner

https://shopee.co.id/alner.id

WhatsApp Business Alner

0813 1999 0402

Website

https://www.alner.id/

Bank Sampah

Waste Bank Dahlia

Jakarta Selatan

Jl. M. Saidi Raya No.1, RT.8/RW.1, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan

Waste Bank 68

Jakarta Selatan

Jl. Lenteng Agung Gg Ikhlas Raya No.12 Kebagusan, Pasar Minggu

Waste Bank Anggur Kebagusan

Jakarta Selatan

Kebagusan GG Puskesmas Rt07/01 no.83, Kebagusan, Pasar Minggu

Waste Bank Mekarsari

Jakarta Selatan

Jl. Mampang Prapatan IV no. 27 RT 008/05, Mampang Prapatan

Waste Bank Asri Kebagusan

Jakarta Selatan

Jl. Kebagusan besar RT.09 RW.07 No.34, Kebagusan, Pasar Minggu

Waste Bank Mulya Geboy

Jakarta Pusat

Jl.Sukamulya 2 rt 12 Rw 01, Kemayoran

Waste Bank Pohon Timbul

Jakarta Pusat

Jl. Cempaka Putih Barat XI RT 006 RW 004 No. 37 Gg. Abdul Hamid

Waste Bank Puspa Cindra Kana

Jakarta Utara

Gg. Telaga Permata 3 No. 49, Sunter Jaya

Waste Bank Siwali

Jakarta Barat

jl Taman Alfa Indah Blok B RW 7 (kantor /Pos RW 07)

Waste Bank Earth GP

Depok

Gema Pesona Estate, Sukmajaya

Waste Bank Embun Pagi

Depok

Jln kayu agung rt 05 rw 08 no 80, Mekarsari, Cimanggis

Waste Bank Bumi Daya Bersih

Depok

Jl. BBD 11 Blok A 5 No.77 Mekarsari,  Cimanggis

Bank Sampah

Waste Bank Dahlia

Jakarta Selatan

Jl. M. Saidi Raya No.1, RT.8/RW.1, Petukangan Sel., Kec. Pesanggrahan

Waste Bank 68

Jakarta Selatan

Jl. Lenteng Agung Gg Ikhlas Raya No.12 Kebagusan, Pasar Minggu

Waste Bank Anggur Kebagusan

Jakarta Selatan

Kebagusan GG Puskesmas Rt07/01 no.83, Kebagusan, Pasar Minggu

Waste Bank Mekarsari

Jakarta Selatan

Jl. Mampang Prapatan IV no. 27 RT 008/05, Mampang Prapatan

Waste Bank Asri Kebagusan

Jakarta Selatan

Jl. Kebagusan besar RT.09 RW.07 No.34, Kebagusan, Pasar Minggu

Waste Bank Mulya Geboy

Jakarta Pusat

Jl.Sukamulya 2 rt 12 Rw 01, Kemayoran

Waste Bank Pohon Timbul

Jakarta Pusat

Jl. Cempaka Putih Barat XI RT 006 RW 004 No. 37 Gg. Abdul Hamid

Waste Bank Puspa Cindra Kana

Jakarta Utara

Gg. Telaga Permata 3 No. 49, Sunter Jaya

Waste Bank Siwali

Jakarta Barat

jl Taman Alfa Indah Blok B RW 7 (kantor /Pos RW 07)

Waste Bank Earth GP

Depok

Gema Pesona Estate, Sukmajaya

Waste Bank Embun Pagi

Depok

Jln kayu agung rt 05 rw 08 no 80, Mekarsari, Cimanggis

Waste Bank Bumi Daya Bersih

Depok

Jl. BBD 11 Blok A 5 No.77 Mekarsari,  Cimanggis


Bagaimana Cara Pengembalian Kemasan Guna Ulang Nestlé x Koinpack by Alner?

1. Konsumen dapat megembalikan kemasan kosong melalui dua (2) cara,

  • Mengunjungi mitra ritel kami untuk mengembalikan dengan membawa kemasan kosong yang sudah dibersihkan
  • Layanan antar jemput dengan pembelian kembali tanpa biaya tambahan untuk area Jakarta. Untuk area di luar Jakarta, konsumen akan dikenakan biaya tambahan adhoc yang berlaku. Layanan antar jemput tanpa pembelian kembali, dengan biaya tambahan sebesar Rp 20.000,-

2. Konsumen dapat menukar kemasan kosong menjadi:

  • Potongan harga untuk pembelian produk selanjutnya
  • Cashback secara tunai maupun lewat e-wallet (Go-Pay, OVO, ShopeePay, Dana) dalam kurun waktu 24 jam

Bagaimana Kontribusi Studi Pasar Kemasan Guna Ulang Untuk Mengurangi Sampah Sekali Pakai?

Studi ini merupakan salah satu upaya Nestlé dalam mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai dan memenuhi komitmen keberlanjutan kemasan pada 2025 untuk mengurangi ⅓ penggunaan plastik baru dan memastikan lebih dari 95% kemasan dapat didaur ulang atau diguna ulang, dan tetap berkomitmen dalam mencapai 100%.

Dengan kemasan guna ulang, memungkinan kami untuk menggunakan kemasan tersebut berkali-kali, sesuai dengan SOP yang diberlakukan dalam menjaga keamanan dan kualitas pangan. Namun, diperlukan partisipasi dari konsumen untuk mengembalikan kemasan kosong agar bisa kami gunakan kembali.

Kami percaya bahwa peran aktif dari industri, konsumen, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menciptakan kebiasaan baru yang lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, mari saling bahu membahu untuk mewujudkan bumi yang lebih baik!